Tempat Angker di Universitas Indonesia

Keangkeran kampus Universitas Indonesia (UI) sudah tersohor kemana-mana. Sayangnya, banyak cerita menyeramkan di kampus UI yang hanya imajinasi belaka. Namun, pada kesempatan kali ini saya hanya akan membahas tempat-tempat angker di Universitas Indonesia berdasarkan pengalaman yang saya tahu dan dari narasumber yang bisa dipercaya. Ada banyak tempat-tempat angker di Kampus UI, khususnya di kampus UI Depok. Keangkeran tempat-tempat tersebut sangat terkait erat asal-usul wilayah yang dijadikan lahan kampus UI Depok sekarang. Tidak hanya asal-usul kampus UI, keangkeran tersebut juga muncul karena adanya rekaman peristiwa-peristiwa yang pernah terjadi di sekitar kampus UI. Berikut tempat-tempat angker di kampus UI berdasarkan penelusuran penulis :

Menara Air
Jembatan Penyebrangan
  1. Menara Air. Lokasi menara air terletak di sisi kiri Jalan Prof. Dr. Syarif Thajeb, tengah-tengah kampus UI. Tempat ini merupakan sarana penampungan air untuk konsumsi air di wilayah kampus UI. Keangkeran tempat ini sudah santer ke mana-mana. Banyak orang yang telah membuktikan keangkerannya. Fenomena kemunculan penampakan makhluk halus kerap terjadi di lokasi ini. Menurut Pak Edi, orang yang biasa melewati lokasi ini, menuturkan bahwa kawannya pernah punya pengalaman didorong oleh makhluk halus ketika melewati lokasi ini. Temannya terpental dan jatuh dari motor. Kebetulan kejadian tersebut terjadi pada malam hari tanpa ada satu pun orang di sekitarnya. Banyak orang yang meyakini bahwa terdapat kerajaan gaib yang kasat mata di lokasi ini. Sebelum kampus UI di bangun, lokasi menara air merupakan tempat pemakaman orang-orang Cina dari wilayah Pondok Cina, sisi timur kampus UI. Terdapat beberapa makam yang akhirnya dipindahkan dari tempat ini. Selain itu, letaknya yang di sekitar hutan dan danau menambah aura mistik tempat ini. 
  2. Pusgiwa. Pusgiwa atau Pusat Kegiatan Mahasiswa konon juga merupakan tempat yang angker. Ikhda Mursalina, salah seorang teman penulis pernah mengalami pengalaman misteri di tempat itu. Kejadiannya sekitar bulan Oktober 2012. Saat itu kebetulan ia menjadi salah satu panitia medis suatu acara yang diadakan di Pusgiwa. Kegiatan tersebut berlangsung malam hari. Saat ia sedang menjaga peserta yang sakit, ia melihat sesosok pocong yang berdiri di shelter sepeda kuning depan pusgiwa. Ia yang berada di dalam salah satu ruangan, langsung terperanjak dan membuang muka. Ia menjelaskan bahwa sosok yang dilihatnya itu benar-benar pocong dengan wajah yang sangat menyeramkan.
  3. Parkiran Stadion UI. Keangkeran parkiran stadion UI dituturkan oleh seorang satpam yang bertugas di Pusgiwa. Saat itu kebetulan saya sedang menjalankan suatu kepanitiaan dan harus berunding dengan satpam gara-gara masalah lokasi jelajah malam yang hendak saya jalankan itu. Satpam menolak lokasi pos sekitar parkiran stadion UI. Alasan ia menolak cukup sederhana. Menurutnya, di lokasi parkiran stadion UI itu angker. Belum lama ini, ada orang yang kesurupan di lokasi tersebut. Saya akhirnya menuruti sarannya karena tidak mau mengambil risiko jika tetap memaksakan pelaksanaan acara di tempat itu. Lokasi parkiran memang terkesan angker pada malam hari. Meskipun pada siang hari pohon-pohon besar di lokasi itu memberi kesan teduh, namun pada malam hari pohon-pohon besar berubah jadi menyeramkan seakan dihuni oleh berbagai makhluk gaib. Kadang-kadang kita bisa menemui orang yang pacaran di sekitar sini, andai mereka tahu seramnya tempat itu, mungkin tak akan berani berbuat macam-macam. 
  4. Gedung VI FIB UI. Gedung VI dipercaya angker oleh banyak orang. Memang jika dilihat secara kasat mata, tak ada yang istimewa dari gedung ini. Bahkan, gedung ini sama sekali tak memiliki kesan angker. Namun, berbeda dengan apa yang dituturkan oleh satpam di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya ini. Ia pernah mengalami kejadian aneh di lokasi ini. Katanya, pada suatu malam ia pernah melihat meja-meja bergerak sendiri saat mengintip bagian dalam ruangan dari pintu kaca gedung ini. Sejak saat itu, satpam kerap enggan berlama-lama ketika berkeliling jaga malam di sekitar gedung ini. Berdasarkan pengalaman pribadi penulis, penulis tidak pernah mengalami kejadian aneh di gedung ini meskipun kerap latihan teater hingga tengah malam.
  5. Ruang Gamelan. Ruang gamelan yang berada di gedung IX FIB-UI juga cukup angker. Kali ini cerita dituturkan oleh pak Edi, seorang penjaga ruang gamelan. Ia menjelaskan bahwa pada waktu-waktu tertentu, gong yang terdapat di ruangan ini kerap berbunyi sendiri. Tidak jelas siapa yang memulkulnya. Ia bercerita panjang lebar tentang kejadian-kejadian aneh lainnya. Pada sekitar tahun 2011, gamelan di sini sedang menjalani proses perawatan. Beberapa orang menginap di tempat ini. Pada saat itu ada salah seorang tukang pelaras gamelan yang melihat penampakan wanita yang duduk di sudut ruang ini. Sosok tersebut cukup menakutkan hingga membuatnya tidak bisa tidur. Ruang gamelan turut berhubungan dengan ruang backstage auditorium. Konon, lokasi tersebut dihuni oleh nenek yang sering menampakan diri. Belum lama ini usut punya usut ada salah seorang mahasiswa yang terjatuh dari atas langit-langit auditorium ketika hendak memasang banner. Ia sempat di rawat di rumah sakit karena perkara itu. Menurut penuturan beberapa orang, ia melihat sosok wanita tua yang membuatnya kaget hingga akhirnya terjatuh sekitar 7 meter. 
  6. Jembatan Penyebrangan di Gerbang Utama. Lokasi ini terletak di dekat pintu utama kampus UI. Jembatan penyebrangan ini menghubungkan sisi kampus dengan sisi sebrangnya yang melintas di atas jalan raya Depok-Pasar Minggu dan rel kereta Jakarta-Bogor. Keangkeran lokasi ini hingga sempat membuatnya masuk di acara Mister Tukul Jalan-jalan di Trans 7.  Keangkeran tempat ini dipaparkan oleh salah seorang tukang ojek yang biasa mangkal di bawah jembatan. Menurutnya, diatas jembatan itu kerap muncul penampakan makhluk gaib pada tengah malam. Dalam acara Mister Tukul Jalan-jalan, dijelaskan pula bahwa keangkeran tempat itu disebabkan sering terjadinya peristiwa kecelakaan di sekitar perlintasan kereta itu. Faktanya, memang sudah berkali-kali terjadi kecelakaan di lokasi itu. Nah, rekaman peristiwa-peristiwa kecelakaan itulah yang membuat tempat ini jadi angker. 
  7. Asrama Gedung C. Banyak pengalaman misterius yang terjadi di ruang kamar asrama lantai dasar gedung C. Berdasarkan pengalaman Zenny Rahmawati salah seorang mahasiswa yang pernah menghuni ruangan di gedung C membenarkan keangkeran lokasi ini. Ia menceritakan berbagai pengalaman misterius yang pernah terjadi di Gedung C lantai dasar. Yang paling menarik adalah cerita salah satu tetangga kamarnya yang pernah menjerit-jerit pada suatu malam. Tetangganya saat itu pulang malam, dan ketika tiba di kamar ia melihat sesosok pocong yang tidur di atas kasurnya. Bahkan, yang lebih mengherankan, kasur tempak kemunculan sosok pocong itu berbekas noda seperti basah dan tidak hilang hingga beberapa waktu. Sejak saat itu Zenny dan para penghuni Gedung C lantai dasar dipindahkan. Rupanya, pengelola asrama tidak mau mengambil resiko serupa. Kejadian semacam itu menurutnya bukan sekali dua kali terjadi, tetapi sering. Hal itu kemungkinan terjadi karena lokasi gedung C yang tidak jauh dari pemakaman. Kini, di lantai dasar gedung C tersebut masih dikosongkan. Masih banyak cerita keangkeran asrama UI. Untuk lebih jelasnya silahkan baca di postingan selanjutnya keangkeran asrama UI 

Itulah beberapa tempat angker yang ada di wilayah kampus UI Depok. Masih banyak tempat lain yang juga angker di kampus UI. Anda boleh percaya atau tidak, namun peristiwa-peristiwa yang memperkuat keangkeran tempat itu benarlah adanya. Kalau masih penasaran, Anda bisa buktikan sendiri kebenarannya.
                                            
Baca juga :
Jelajah Malam Di Kampus UI, Menguak Keberadaan Makhluk Halus di Kampus UI
Setelah mengetahui tempat-tempat angker di UI, saya dan rekan-rekan berusaha untuk mencari kebenarannya. Malam Jumat tepat dini hari tim bergerak menyisir lokasi yang diduga angker. Apa hasilnya? Baca kelanjutannya di....
Menjelajahi Tempat Angker di UI

Comments

  1. min .. ada rumah angker baru niih. rumah itu di huni makhluk kasar mata dan predator ganas. lokasinya di jalan realita yang ada phon kelapanya seberang jembatan gerbatama.

    ReplyDelete
  2. wah... iya tuh! malahan ada "tuyul" sama "arwah penasaran" juga yaa.. nggak cuma itu ada "jinnya" juga kan?

    ReplyDelete
  3. aaaah itu sih makhluknya lebih serem dari yang ada di artikel ini. Tapi kok lo seneng dateng ke rumah angkernya?haha

    ReplyDelete
  4. memang UI itu Universitas Iiiih serem..hehehe
    makasih atas infonya gan..

    ReplyDelete
  5. Bisa aja nih agan Rendra.. thanks juga udah baca.hehe

    ReplyDelete
  6. wah serem juga ternyata di sana... terimakasih infonya gan..

    ReplyDelete
  7. yah percaya gak percaya tapi emang ada.

    ReplyDelete
  8. tp ngomong2 itu ada makam di bawah jembatan UI.. makam siapa yaa.. cuma 1 doang.. pas dibawah jembatan sebelah kiri.. arah ke lt.agung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa sih gan? ane malah baru tau kalo di situ ada makam. suer ini baru denger malah

      Delete
    2. iya namanya nama cwe.. dah lama liat sih tuh kuburan, herannya kenapa ga di pindah. dan anehnya lagi .. kenapa jalan disitu gampang rusak ya?

      Delete
    3. kalo jalan rusak bisa dijelasin pake fisika. tapi kalo soal kuburan ane bener-bener belom pernah liat

      Delete
    4. Gw juga liat tuh kuburan. Bukan nama cewek kok. Faisal kalo ga salah namanya.
      Sebelumnya gw juga pernah ngeliat mayat korban kecelakaan kreta di deket situ. Kebetulan pas gw lewat situ. Mungkin itu kuburan korban kecelakaan kreta itu. Dikubur disitu krn mungkin ga ada keluarga yvg ngambil jenazahnya . But who knows

      Delete
    5. This comment has been removed by the author.

      Delete
    6. sama gw juga sering liat itu.. tp kyknya belom ada 1 tahun. soalnya dulu belom ada. gw sempet berhenti dan pgn poto itu kuburan tp aneh aja malah jadi ngeri hahahah. dan klo ga salah gw baca ISMAIL tp gw lupa lupa inget.

      Delete
  9. ane anak fisip gan, kebeneran ane anggota komunitas gamelan yang suka latian tiap sabtu di ruang gamelan. Alhamdulillah sih ane belum pernah mengalami hal-hal yang aneh, meskipun beberapa kali kami latihan gamelan sampai malam (paling malam jam 8). tapi pernah suatu kali di tahun 2009 atau 2010, kami latihan seperti biasa, waktu itu kami latihan sampai maghrib. nah ditengah2 latihan kami mendengar suara laki2 yang cukup keras, seperti membentak "hoy!!" dari arah gong, ketika saya tanya penabuh gong dia mengaku sama sekali tidak berteriak. saya sih berpikir positif saja, mungkin itu memang suara gong yang kebetulan mirip suara orang. tapi kawan2 saya yang lain mulai parno, terutama kawan2 perempuan. karena kejadian itu, kami putuskan untuk menyudahi latihan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya itu yg suka latihan sama Romo ya? wah serem juga gan, ane baru denger lagi nih. Kalo itu suara orang kayanya kemungkinan kecil aja. Kecuali ada orang yang emang iseng, Terutama di gong tempat itu emang agak "lain" gan.

      Delete
    2. Oh iya itu yg suka latihan sama Romo ya? wah serem juga gan, ane baru denger lagi nih. Kalo itu suara orang kayanya kemungkinan kecil aja. Kecuali ada orang yang emang iseng, Terutama di gong tempat itu emang agak "lain" gan.

      Delete
  10. gue juga kalo balik malem lewat situ gan hehehe

    ReplyDelete
  11. Saya pernah ngekos di sebrang jembatan penyebrangan (nomer 6), di Jalan Matrial. Menurut saya lebay ah, karena saya ngekos di sana selama 7 bulan. Memang daerah situ gelap bahkan sampai jalan matrialnya juga gelap dan sepi, tapi alhamdulillah tidak ada apa-apa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nasib orang beda-beda gan, agan belum beruntung berarti.hehe

      Delete
    2. Sama gan, ane aja yg udah ratusan kali lewat menara air ga pernah mengalami hal2 mistis. Dari kecil emg ane hampir ga pernah mengalami kejadian2 mistis. Mungkin tidak semua orang bisa mengalami hal2 mistis.

      Delete
  12. ane juga gan, aneh deh gua kan masih 15 tahunnih ya -_- nah terus waktu itu gue main basket di lapangan deket poltek, nah abis itu jam 5 sorean gue ganti lapangan di lapangan sampah gue kan ga sadar kalo gue udh main llama banget akhirnya gue istirahat tuh di deket tempat futsal yg di lap.sampah. terus gue pulang ngelewwatin itu menara yg tinggi2 itu gatau namanya apa dah.. demi apapun pas gue jalan naik motor lewat situ di dindingnya kaya bolong ada item2 gede, kata temen gue mungkin itu cat? hah cat? gue bingung gan emang bolong apa gimana? terus itu kalo gasalah hari weekend, kalo weekend kan parkiran yg deket balairung di tutup kan? pas malem itu gue pulang lewat sono gan-_- sadarnya pas gue udah di rumah -_- padahal UI kampus inceran gue gan wkwkwk

    ReplyDelete
  13. Gw jg sering dksih liat tuh di ui.y karna gw bsa liat. Hehehe

    ReplyDelete
  14. Thanks for info, https://bit.ly/2A1GPz7

    ReplyDelete
  15. terimakasih infonya sangat bermanfaat, jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2SRSLLp

    ReplyDelete
  16. Ayo Pasang Taruhanmu Sekarang di ItuBolaAgen Judi Bola & Casino Online Terpercaya dan Terbaik di Indonesia.
    Minimal Deposit Rp. 25.000,- Dan untuk minimal Withdraw Rp. 50.000,-
    Proses Deposit & Withdraw Yang Tercepat.

    => Bonus Cashback 5% (dibagikan setiap Hari Senin)
    => Customer Service 24 Jam Nonsto
    => Support Deposit Via Aplikasi OVO,PULSA,GOPAY
    => Proses Withdraw 3-5 Menit

    LINE : @itubola757
    WHATSAPP : +85517696120

    Link Alternatif
    ituBola Online

    Agen Taruhan Judi Teraman, Situs Taruhan Judi Teraman, Agen Judi Bola, Agen Judi Bola Online, Agen, Bola Online, Agen Sportsbook

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Transportasi Menuju Pos Pendakian Gunung Gede Pangrango dari Jakarta

Rute Angkutan Umum di Cinere

Pengalaman Kuliah di Sastra Jawa Universitas Indonesia (UI)