Berbagi Pengalaman : Cara Mengumpulkan Uang untuk Biaya Pernikahan

Setiap orang punya caranya sendiri-sendiri mengumpulkan uang untuk biaya pernikahan. Tapi tidak semua orang tahu bagaimana cara menghimpun dana pernikahan dengan gaji yang pas-pasan. Rejeki memang Tuhan yang mengatur tapi manusia, perlu rencana.

Demikian juga pernikahan, tentu saja perlu perencanaan. Ada yang bilang, kalau sudah niat nikah, nanti rejekinya juga ada sendiri. Betul, tidak salah. Akan tetapi akan lebih baik lagi jika pernikahan itu direncanakan dari jauh-jauh hari, termasuk merencanakan anggaran pernikahan.

Pada postingan kali ini saya akan berbagi pengalaman cara saya mengumpulkan uang untuk biaya pernikahan. Barangkali cara yang saya gunakan ini bisa juga diterapkan bagi pria yang saat ini sedang bimbang mau nikah tapi gaji pas-pasan. Persiapan anggaran pernikahan saya siapkan 1,5 tahun sebelum pernikahan. Saat itu saya hanyalah seorang pekerja toko dengan gaji 3 juta per bulan. Begini cara realistisnya.

Tabungan Bersama

Menabung Bersama, Solusi Menikah

Dari pendapatan yang 3 juta itu, pada awal bulan langsung saya potong 1 juta per bulan untuk tabungan bersama. Kebetulan, saya dan pasangan sepakat untuk menikah dan mulai merencanakannya 1,5 tahun sebelumnya. Pasangan saya menyisihkan uang 500 ribu rupiah, sehingga dalam sebulan terkumpul 1,5 juta. Hal ini kami lakukan secara terus menerus hingga bulan ke 7 sudah terkumpul 10,5 juta.

Ketika sudah melampaui 10 juta, kami putuskan untuk mendepositokan uangnya di Bank Syariah agar kami tidak bisa mengambilnya serta untuk mempertahankan nilai uang. Kami ambil deposito berjangka 1 tahun. Sisa yang 500 ribu kami lanjutkan untuk tabungan bulanan bersama mulai kembali dari 500 ribu hingga pada 7 bulan kemudian genap lagi 10 juta. Hingga total tabungan bersama baik yang deposito dan belum didepositokan totalnya menjadi 20,5 juta

Arisan Tetangga

Kenapa arisan? Ya karena jika nama kita keluar duluan, kita bisa mendapatkan uang tabungan arisan itu lebih cepat daripada nabung biasa. Kan sistemnya sama saja ditalangi dulu sama anggota arisan yang lain. Jadi ini bisa mengatasi masalah butuh dana yang cepat.

Saya mengikuti 2 arisan tetangga. Arisan pertama senilai 500 ribu perbulan dan yang satunya 100 ribu perbulan yang dikocok setiap bulan selama 10 bulan lamanya.  Untuk yang 100 ribu, saya sempat ikut 2 kali periode sehingga pengeluaran saya perbulan bertambah 600 ribu lagi untuk biaya arisan ini.

Pendapatan saya otomatis berkurang lagi dari yang awalnya 3 juta dipotong tabungan bersama tinggal 2 juta, dipotong lagi arisan tetangga tinggal 1,4 juta untuk biaya hidup.

Setelah 10 bulan, arisan 500 ribu berhasil didapat sehingga saya berhasil mengumpulkan 5 juta dari arisan tersebut. Sedangkan arisan 100 ribuan berjalan sepanjang 20 bulan tapi belum genap 20 bulan nama saya sudah keluar duluan sehingga mendapat pemasukan 2 juta dari arisan 100 ribuan tadi.

Arisan Teman

Tidak berhenti di arisan tetangga,saya juga ikut arisan teman dengan jangka waktu 3 tahun per bulan 750 ribu. Kalau keluar uangnya sebesar 27 juta. Uang biaya hidup bulanan yang 1,4 juta perbulan itu lagi-lagi dipotong arisan teman 750 ribu sehingga sisa biaya hidup 650 ribu untuk bertahan selama sebulan. Apa  itu cukup? Ya kurang, tidak sesuai dengan kebutuhannya. Tapi ini bisa disiasati.

Sayangnya, untuk arisan teman yang waktunya panjang ini gagal dapat hingga waktu pernikahan, sehingga uangnya belum bisa diambil dan masih berlanjut terus hingga setelah pernikahan.

Mengatasi Biaya Hidup yang 650 Ribu

Untuk mengatasi kekurangan biaya hidup yang tinggal 650 ribu tersebut saya menerapkan dua cara. Pertama memperkecil pengeluaran, kedua menambah pemasukan. Untuk memperkecil pengeluaran saya mengurangi anggaran makan. Uang makan saya ganti dengan membeli tempat makan dan saya putuskan untuk membawa makan dari rumah. Beruntung saya masih tinggal dengan orangtua, jadi saat kerja saya masih bisa bawa makan dari rumah.

Saya juga mengurangi pengeluaran jalan atau keluar bersama pasangan termasuk nonton, makan bersama, dan sebagainya. Saya juga tidak membeli baju baru, sepatu dan sebagainya. Apalagi kalau sekedar memenuhi gaya hidup. No! Beli apa yang dibutuhkan dan memang mendesak saja. Jika tidak, bersabarlah.

Kebetulan saya bekerja di toko online dan cara saya mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara mengantarkan barang. Setelah jam kerja selesai, saya putuskan untuk menjadi kurir pengantar barang-barang pesanan tersebut. Dari uang tersebut saya bisa beli makan. Insyaallah halal. Begitulah caranya.

Menganggarkan Pernikahan Bagi Pihak Laki-laki

Dalam agama islam, nikah itu mudah dan tidak boleh dipersulit. Bagi saya, menikah juga tidak usah mewah-mewah yang penting sah secara agama dan secara hukum negara. Jadi dengan anggaran terbatas yang sudah terkumpul itu pernikahan harus dilangsungkan. Apalagi secara agama, rukun nikah itu cuma ada 5. Pertama ada calon prianya, kedua ada calon wanitanya, ketiga ada wali nikahnya, keempat ada saksi-saksi, dan kelima ada ijab dan qabulnya. Cukup.

Kita juga harus terus terang kepada calon mertua kalau uang kita adanya segini. Jadi calon mertua juga paham kapasitas kemampuan kita. Seandainya ada calon mertua yang menolak karena uangnya cuma segitu yaa keterlaluan. Tapi tidak apa, jika ditolak tinggal cari wanita yang lain. Tapi rasanya, calon mertua di zaman sekarang tak sekejam itu. Jadi beri saja penjelasan dan pengertian agar terjadi kesepahaman antar pihak.

Oh ya, budaya di Indonesia, nikah itu bukan cuma urusan calon pengantin saja, tapi menjadi urusan keluarga besar, termasuk soal anggaran. Pengalaman saya akhirnya uang deposito dan tabungan bersama ditarik terkumpul 20,5 juta. Ajaib, uang 20,5 juta itu berubah jadi 30 juta setelah ditambah-tambahkan sumbangan yang datang sukarela tanpa dipaksa. Uang 30 juta tersebut kemudian menjadi uang yang saya serahkan kepada pihak keluarga mempelai wanita. Setiap budaya memiliki kebiasan yang berbeda-beda dalam runtutan prosesi pernikahan. Kalau saya, uang itu diserahkan pada waktu lamaran.

Uang arisan yang 2 juta saya gunakan untuk kebutuhan lamaran seperti membeli kue-kue dan buah tangan pada saat prosesi lamaran. Sedangkan uang arisan yang 5 juta saya gunakan untuk membeli mas kawin dan barang-barang seserahan pada saat acara pernikahan kemudian hari. Dengan demikian, kebutuhan pokok keberlangsungan acara pernikahan dapat saya penuhi.

Kemudian ada permintaan dari pihak keluarga laki-laki dalam hal ini keluarga saya untuk mengadakan syukuran sehari sebelum pernikahan, maka saya bilang itu tidak wajib sehingga saya tidak turut membantu menganggarkan untuk itu. Orangtua pun tak keberatan sehingga acara syukuran di rumah calon pengantian pria ditanggung sendiri oleh orangtua saya atas dasar kesadaran dan keinginannya sendiri.

Alhamdulillah Sah
Di pihak pengantin wanita, uang yang 30 juta sudah resmi diserahkan sehingga penggunaannya sepenuhnya menjadi hak pihak keluarga calon pengantin wanita. Maka uang tersebut dipergunakan secukupnya. Bila ingin mengadakan pesta yang lebih besar itu merupakan hak pihak keluarga pengantin wanita dan tidak menjadi kewajiban keluarga mempelai pria.

Hari pernikahan pun tiba dan alhamdulillah pernikahan berjalan lancar dan khidmat.




Oleh Rizky Ramadhani
26 Desember 2016



Comments

  1. makasih atas infonya sangat membantu, kunjungi http://bit.ly/2wFUPf3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum wrb, saya mohon maaf jika postingan ini menyinggung perasaan anda semua tapi saya lillahi ta’ala hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya yang mengubah kehidupan saya menjadi sukses. Perkenalkan terlebih dahulu saya Suci Andini tinggal di Riau,dulu saya berprofesi sebagai penjahit namun himpitan ekonomi yakni hutang piutang dalam membangun usaha saya kian semakin besar tapi saya tidak menyerah dengan keadaan saya tetap ikhtiar, pada suatu hari saya membuka buka internet tidak sengaja saya melihat postingan seseorang yang sama seperti keadaan saya tapi beliau sudah berhasil,beliau dibantu oleh Kyai H. Sakti Mangunkarso tanpa pikir panjang saya menghubungi beliau, saya diberikan pencerahaan dan solusi, pada awalnya saya ragu ragu tapi saya coba memberanikan diri mengikuti saran beliau,alhamdulillah berjalan lancar dan sekarang saya punya beberapa mini market dan penginapan didaerah Riau,terimah kasih saya ucapkan pada Kyai H. Sakti Mangunkarso sebab berkat beliau saya bisa seperti ini,mungkin banyak orang yang menyebut saya mengada-ada tapi saya buktikan sendiri,khusus yang serius mau bantuan silahkan hub beliau Kyai Sakti Mangunkarso beliau orangnya ramah ini nomor beliau 0852 1117 4125 ini pengalaman pribadi saya percaya atau tidak semua tergantung pembaca demi Allah ini nyata sekian dan terima kasih ,Assalamualaikum Wrb....allahuakbar....allahuakbar....allahuakbar





































































































































































































































































      Assalamualaikum wrb, saya mohon maaf jika postingan ini menyinggung perasaan anda semua tapi saya lillahi ta’ala hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya yang mengubah kehidupan saya menjadi sukses. Perkenalkan terlebih dahulu saya Suci Andini tinggal di Riau,dulu saya berprofesi sebagai penjahit namun himpitan ekonomi yakni hutang piutang dalam membangun usaha saya kian semakin besar tapi saya tidak menyerah dengan keadaan saya tetap ikhtiar, pada suatu hari saya membuka buka internet tidak sengaja saya melihat postingan seseorang yang sama seperti keadaan saya tapi beliau sudah berhasil,beliau dibantu oleh Kyai H. Sakti Mangunkarso tanpa pikir panjang saya menghubungi beliau, saya diberikan pencerahaan dan solusi, pada awalnya saya ragu ragu tapi saya coba memberanikan diri mengikuti saran beliau,alhamdulillah berjalan lancar dan sekarang saya punya beberapa mini market dan penginapan didaerah Riau,terimah kasih saya ucapkan pada Kyai H. Sakti Mangunkarso sebab berkat beliau saya bisa seperti ini,mungkin banyak orang yang menyebut saya mengada-ada tapi saya buktikan sendiri,khusus yang serius mau bantuan silahkan hub beliau Kyai Sakti Mangunkarso beliau orangnya ramah ini nomor beliau 0852 1117 4125 ini pengalaman pribadi saya percaya atau tidak semua tergantung pembaca demi Allah ini nyata sekian dan terima kasih ,Assalamualaikum Wrb....allahuakbar....allahuakbar....allahuakbar

      Delete
  2. Hai Calon Pengantin ~
    Percayakah kalian bahwa melangsungkan pernikahan tidak perlu ribet dan mahal? Dengan memakai jasa Wedding Organizer HIS Graha Elnusa, Anda bisa melangsungkan pernikahan ALL IN PACKAGE bergaya elegant di Jakarta Selatan dengan harga dibawah rata-rata dan dapat CASHBACK 35 Juta juga lho!

    Mau tahu berbagai jenis Wedding Packagenya? Langsung saja kunjungi www.hisgrahaelnusa.com dan pantau terus update terbaru kami di Instagram @his_grahaelnusa.

    > For more info please contact Marketing HIS Wedding Graha Elnusa 083873396243 (RATIH) atau datang langsung ke kantor HIS di Graha Elnusa Lt.2, Jl.TB. Simatupang Kav.1B, Cilandak Timur.

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum wrb, saya mohon maaf jika postingan ini menyinggung perasaan anda semua tapi saya lillahi ta’ala hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya yang mengubah kehidupan saya menjadi sukses. Perkenalkan terlebih dahulu saya Suci Andini tinggal di Riau,dulu saya berprofesi sebagai penjahit namun himpitan ekonomi yakni hutang piutang dalam membangun usaha saya kian semakin besar tapi saya tidak menyerah dengan keadaan saya tetap ikhtiar, pada suatu hari saya membuka buka internet tidak sengaja saya melihat postingan seseorang yang sama seperti keadaan saya tapi beliau sudah berhasil,beliau dibantu oleh Kyai H. Sakti Mangunkarso tanpa pikir panjang saya menghubungi beliau, saya diberikan pencerahaan dan solusi, pada awalnya saya ragu ragu tapi saya coba memberanikan diri mengikuti saran beliau,alhamdulillah berjalan lancar dan sekarang saya punya beberapa mini market dan penginapan didaerah Riau,terimah kasih saya ucapkan pada Kyai H. Sakti Mangunkarso sebab berkat beliau saya bisa seperti ini,mungkin banyak orang yang menyebut saya mengada-ada tapi saya buktikan sendiri,khusus yang serius mau bantuan silahkan hub beliau Kyai Sakti Mangunkarso beliau orangnya ramah ini nomor beliau 0852 1117 4125 ini pengalaman pribadi saya percaya atau tidak semua tergantung pembaca demi Allah ini nyata sekian dan terima kasih ,Assalamualaikum Wrb....allahuakbar....allahuakbar....allahuakbar

    ReplyDelete
  4. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c "

    ReplyDelete

  5. Thanks infonya. Oiya, temen-temen tau ga sih kalo sebenernya ada cara sangat ampuh untuk persiapkan biaya nikah? Jawabannya bisa cek di sini nih: menabung untuk persiapan menikah

    ReplyDelete
  6. Bagi Anda Yang Tengah Mencari Situs Judi Online Terpercaya Serta Memberikan Banyak Keuntungan Dan Menyediakan Berbagai Jenis Permainan, Jawabannya Adalah AgenS128.

    AgenS128 Menyediakan Berbagai Jenis Promo Bonus Yang Sangat Menguntungkan Para Pemain Mulai Dari Bonus New Member, Bonus Deposit, Bonus Cashback, Bonus Rollingan Casino, Diskon Togel, Bonus Welcome, Hingga Bonus Referal Yang Pastinya Sangat Memanjakan Anda Ketika Bermain Judi Online Bersama AgenS128.

    AgenS128 Sudah Pasti Didukung Oleh Beberapa Bank Lokal Ternama Untuk Memudahkan Anda Melakukan Transaksi Seperti Bank BCA, BNI, BRI, Mandiri, Serta Danamon. Tak Hanya Bisa Melakukan Transaksi Melalaui Bank Saja, Anda Juga Dapat Melakukan Transaksi Via Pulsa Maupun OVO.

    Sabung Ayam Online
    Link Alternatif Sbobet
    Icetuna
    Sabung Ayam Online
    Login Sabung Ayam
    Login Sabung Ayam S128
    Sabung Ayam S128
    Link Sbobet
    Main Slot Online

    Bagi Anda Yang Tertarik Untuk Bergabung, Anda Bisa Langsung Menghubungi AgenS128 Melalui Beberapa Kontak Resminya
    Website : http://165.22.61.70/
    WhatsApp : 0852-2255-5128
    Line ID : agens1288

    ReplyDelete
  7. Thanks infonya. Oiya bicara persiapan pernikahan, ada juga loh hal penting yang harus dibicarakan dengan pasangan sebelum membina bahtera rumah tangga. Tentu saja terkait keuangan. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya konflik di kemudian hari. Cek disini ya man teman: Penting, masalah keuangan yang harus dibicarakan dengan pasangan sebelum menikah

    ReplyDelete
  8. Dear brides and grooms to be
    Salam hangat dari HIS Seskoad Grand Ballroom Bandung.
    Kami dengan bangga mempersembahkan venue terbaru kami yaitu “HIS Seskoad Grand Ballroom”, Gedung seskoad yang berletak strategis nan mewah yang menjadi favorit para calon pengantin ini kini berada di naungan HIS, untuk itu fasilitas yang terdapat di gedung seskoad grand ballroom kini berstandard seperti gedung HIS lainnya, “Ballroom full karpet eksklusif, AC, Lampu Kristal, dan design ruangan yang elegan&mewah”. Selain gedung, kami juga bekerjasama dengan banyak pilihan vendor ternama di Bandung, mulai dari catering, busana&MUA, dekorasi, music & entertainment, fotografi&videografi, MC, wedding car, hingga pelayanan yang kami miliki untuk membantu calon pengantin dari awal sampai akhir yaitu, Wedding Public Relations, Wedding Planner, dan Wedding Executor. Dengan sistem “One Stop Wedding Service”, Kami pastikan akan memberikan pelayanan terbaik dalam membantu dari awal hingga di hari Bahagia akang teteh
    Untuk itu kami mengundang akang teteh calon pengantin, untuk datang ke pre-launching HIS Seskoad Ballroom kami, dan segera dapatkan HARGA PRE-LAUNCHING yang pasti akan sangat worth it dengan fasilitas dan pelayanan yang kami berikan serta BONUS FANTASTIS! untuk akang teteh calon pengantin Cuma di HIS SESKOAD GRAND BALLROOM.

    For more info and detail call :
    Wedding Public Relations HIS Seskoad Grand Ballroom
    Jl. Gatot Subroto No. 96 Bandung.
    Giyan : 082261170022 (WA)
    INSTAGRAM : @his_seskoad @giyanti.hisseskoad

    See u brides and grooms to be!
    -HIS Wedding Venue Organizer-

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Transportasi Menuju Pos Pendakian Gunung Gede Pangrango dari Jakarta

Rute Angkutan Umum di Cinere

Pengalaman Kuliah di Sastra Jawa Universitas Indonesia (UI)