Cara Membuat Roket Sederhana dari Korek Api dan Gula


Bisa membuat roket sendiri merupakan kebanggan tersendiri. Sayangnya, membuat roket seringkali tidak mudah. Masalah bahan baku yang sulit dicari, harga yang mahal, hingga masalah lahan percobaan menyebabkan orang kesulitan membuat roket. Pada postingan kali ini akan dijelaskan cara mudah membuat roket sederhana berbahan bakar gula dan korek api. Semua bahan yang ada dalam eksperimen ini sangat mudah ditemukan di sekitarmu. Demikian pun cara mengujicobanya, tidak harus ditempat yang lapang sekali. Berikut panduan cara membuat roket sederhana:

Siapkan Bahan
Bahan yang digunakan untuk membuat roket sederhana yaitu:
  1. Korek api 5-10 kotak (Beli di warung terdekat)
  2. Gula pasir (Ambil dari dalam rumah)
  3. Spidol/Pulpen (Bisa diganti dengan benda apapun yang berbentuk silinder berongga tetapi enteng)
  4. Lilin
Selain bahan baku, kamu juga harus menyediakan alat bantu berupa:
  1. Cutter (Pisau apa saja boleh)
  2. Selotip
  3. Sumpit (Benda apapun yang bisa masuk ke dalam spidol)
  4. Wadah
Langkah Kerja
Untuk membuat roket sederhana berbahan korek api, silahkan ikuti langkah kerja berikut ini.
  1. Pisahkan seluruh batang korek api dengan pentolannya menggunakan cutter. Pentolan korek api akan menjadi bahan bakar utama dalam proses pembakaran di dalam roket. Taruh pentolan korek api yang sudah terlepas menjadi serbuk itu ke wadah.
  2. Campurkan serbuk pentolan korek api dengan gula. Perbandingannya 3:1. Serbuk korek 3, sedangkan gula 1. Kemudian aduk merata.
  3. Buang isi spidol. Pastikan bagian bawah spidol ditutup selotip agar bahan bakar tidak keluar.
  4. Masukkan campuran gula dan korek api di atas ke dalam spidol. Masukan sedikit demi sedikit lalu padatkan dengan sumpit. Semakin padat, semakin bagus tekanan yang dihasilkan. Isi sampai penuh. Lalu tutup kembali bagian atas spidol.
Ujicoba
Taruh roket di tempat yang bisa didirikan. Kalau bisa agak lapang. Bukalah selotip pada bagian bawah roket. Kalau isi roketnya sudah benar-benar dipadatkan, pasti tidak akan turun keluar. Bakar bagian pantat roket dengan lilin yang telah dinyalakan. Pelan-pelan bahan bakar mulai terbakar dan roket pun lekas meluncur. Namanya juga roket sederhana, maka daya terbangnya pun tidak akan jauh. Namun, tetap saja roket, asal bisa terbang, semua senang.

ANALISIS
Jika semua tahap telah selesai dilakukan dan ternyata roket gagal terbang, maka faktor-faktor penyebabnya sebagai berikut:
  1. Bahan bakar kurang dipadatkan. Jika bahan bakar tidak padat, maka daya angkar roket menjadi lemah.
  2. Campuran gula dan korek kurang pas. Jika gula terlalu banyak, roket tidak bisa menyala.
  3. Silinder keberatan. Penggunaan spidol dimungkinkan karena lebih enteng. Jika diganti dengan benda silinder lain yang lebih enteng, tetapi kuat, tentu jadi lebih tinggi lagi daya angkatnya.

Oleh : Rizky Ramadhani S.Hum.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rute Angkutan Umum di Cinere

Perjalanan Sehari Jakarta - Kawah Putih Naik Motor

Transportasi dari Jakarta ke Pos Pendakian Gunung Sindoro-Sumbing, Wonosobo