Kantin Sastra

Kansas
(Persembahan Kelas Penulisan Populer Oleh Rizky Ramadhani)

Apa yang terjadi, di Kansas petang hari?

Saat mentari tenggelam pergi. Mahasiswa memesan kopi. Tidak lupa counter mas Roni. Mereka saling bernyanyi. Genjreng-genjreng tak tahu diri. Ngobrol sana sini, berisik sekali. Mulutnya tak berhenti. Mahasiswa lama beraksi. Mahasiswa baru di-bully. Pedagang mulai pergi. Ada pula yang menanti-nanti, meski jangkrik mulai berbunyi.

Untung saja akhir September. Latihan PK mulai santer. Banyak yang pada laper. Walau tak ada yang jual lemper. Di Kansas mereka mager.

Apa yang terjadi, di Kansas dini hari?

Kansas terasa sepi. Semua orang telah pergi. Tinggal kucing saling birahi. Mereka tak dikebiri. Anaknya tak terhitung jari. Kansas dini hari, suasana jadi mati. Coba saja kalau kau sendiri. Banyak hantu yang berdomisili. Awas, mereka duduk di kursi.  Diam-diam mengamati.

Kadang-kadang ada yang menginap. Tak peduli di sana gelap. Hawanya pun begitu pengap. Tapi dia tetap terlelap. Jangan-jangan otaknya sarap!

Apa yang terjadi, di Kansas pagi ini?

Matahari telah berdiri. Suasana sudah berganti. Para pedagang mulai kembali. Jam tujuh pagi. Mahasiswa sarapan nasi. Bukan susu, bukan roti. Bubur ayam pun tetap jadi. Uang bulanan tak ada lagi. 

Yang menginap tadi, lupa mandi. Kuliah pagi tak gosok gigi. Rambutnya saja dibasahi. Bajunya lusuh tidak diganti.  Itulah kansas di waktu pagi.

Apa yang terjadi, di Kansas siang nanti?


Semua orang sudah mengerti. Siang nanti berebut kursi. Lalat-lalat menyerang lagi. Hentakan dangdut menari-nari. Cukup sudah jangan dijelasi. Kansas siang hari. Tak enak dibuat narasi. Demikianlah cerita ini. Semoga tuhan memberkati.

Comments

Popular posts from this blog

Rute Angkutan Umum di Cinere

Perjalanan Sehari Jakarta - Kawah Putih Naik Motor

Transportasi dari Jakarta ke Pos Pendakian Gunung Sindoro-Sumbing, Wonosobo