Rute Angkutan Umum di Cinere

Mal Cinere. Pusat Aktifitas Warga, Tempat Ngetem Angkot
Di wilayah kecamatan Cinere, Kota Depok, terdapat beberapa rute angkutan umum yang melayani masyarakat di wilayah ini berpergian. Rute angkutan yang dibahas pada kesempatan ini bertujuan agar pembaca yang hendak ke daerah cinere dapat mengetahui angkutan umum yang dapat digunakan di sekitar wilayah kecamatan cinere, terutama yang melalui jalan Cinere Raya. Berikut rute angkutan umum yang beroperasi di cinere tahun 2013 :

ANGKOT
Hampir seluruh angkot (angkutan perkotaan) yang melintasi wilayah Cinere bercat warna biru kecuali angkot D15 R yang baru-baru ini ada yang berwarna ungu oranye. Hampir seluruh aset angkot dikelola oleh KAB yang dulu merupakan kependekan dari Koperasi Angkutan Bogor (Depok dahulu masuk wilayah administrasi kabupaten Bogor). Setidaknya terdapat 4 Angkutan umum yang melintas wilayah Cinere.

a.61
Angkot bernomor 61 ini memiliki trayek resmi Desa Limo-Pasar Minggu.Wilayah yang dilintasi angkot 61 hingga hari ini yakni Graha Cinere - Jl.Cinere Raya - Golf Pangkalan Jati/Komplek TNI-AL - Pondok Labu - Jl. Margasatwa - Jl. Cilandak KKO- Jl.R.M.Harsono- Jati Padang- Pasar Minggu PP. Untuk ongkos jarak dekat biayanya Rp.3.000,00. Lokasi ngetem yang perlu diwaspadai penumpang karena akan memakan waktu di antaranya di Graha Cinere, Mal Cinere, Pasar Pondok Labu, Mal Cilandak, Pertanian, Trakindo, Pasar Minggu.

b. 102
Berbeda dengan angkot 61, 102 tidak mengikuti trayek resmi. Trayek resmi 102 adalah Parung Bingung - Lebak Bulus. Pada kenyataannya 102 tidak sampai ke terminal Lebak Bulus, tetapi paling jauh hanya sampai Rs. Fatmawati atau malah hanya sampai Pasar Pondok Labu saja. Dengan demikian, rute angkot 102 ini dimulai dari pertigaan Parung Bingung - Meruyung - Limo - Cinere Raya - Golf Pangkalan Jati/Komplek TNI-AL - Pasar Pondok Labu - RS Fatmawati (Jika Beruntung) PP. Ongkos jarak dekat Rp.3.000,00. Lokasi ngetem yang perlu diwaspadai di antaranya Parung Bingung, Mal Cinere, Pasar Pondok Labu, Aneka Buana Pondok Labu, Tikungan RS. Fatmawati

c. 110
Angkot 110 memiliki trayek resmi Cinere-Depok PP. Rute yang dilintasi angkot ini dimulai dari depan Mal Cinere - Raya Cinere - Bukit Cinere - Perempatan Gandul - Raya Krukut - Grogol - Raya Pramuka - Mampang - Raya Sawangan - Dewi Sartika - Walikota/Margonda - Terminal Depok. Untuk arah sebaliknya tidak melintas Jl. Dewi Sartika, akan tetapi melalui Jl. Arif Rahman Hakim lalu terus melewati Jl. Nusantara baru kembali masuk Jl. Raya Sawangan. Ongkos untuk jarak dekat Rp.3.000,00. Lokasi ngetem yang perlu diwaspadai di antaranya depan Mal Cinere, Pasar Segar Cinere, Perempatan Gandul, Perempatan Mampang, Jl. Arif Rahman Hakim.

d. 114
Trayek resmi angkot 114 adalah Cinere - Ciputat PP. Pada kenyataannya rute angkot 114 ini terpecah menjadi dua yaitu Grogol - Pondok Labu PP dan Pondok Labu - Ciputat PP. Untuk jurusan Grogol - Pondok Labu wilayah yang dilintasinya yakni Grogol - Jl. Pendowo - Griya Cinere - Jl. Jawa - Cinere Raya - Golf Pangkalan Jati/Komplek TNI-AL - Pondok Labu. Rute berhenti sampai Pondok Labu. Untuk melanjutkan ke Ciputat silahkan lanjut menggunakan 114 rute selanjutnya Pondok Labu - Ciputat. Wilayah yang dilintasi rute ini yaitu Pondok Labu - Jl. H. Ipin - Karang Tengah - Bona Indah - Cirendeu - Legoso - Pasar Ciputat.  Ongkos jarak dekat hanya Rp. 3.000,00. Lokasi ngetem yang perlu diwaspadai di antaranya Kelurahan Grogol, Jl Pendowo, Mal Cinere, Pasar Pondok Labu, Jl. H. Ipin, Legoso, Fly Over Ciputat.

e. D15R
D15R merupakan angkot yang baru-baru ini turut mewarnai kota Depok. Trayeknya tidak melintas di pusat Kecamatan Cinere, tetapi bersentuhan pada bagian selatan kecamatan Cinere yakni wilayah Lereng Indah. Rute resmi angkot ini Pondok Cabe - Depok PP. Wilayah yang dilintasi rute angkot ini di antaranya Jl.Kayu Manis Pondok Cabe - Lereng Indah Cinere - Limo - Sasak Raya - Jl Curug Agung - Jl. Raden Sanim - Jl. Raya Sawangan - Jl. Dewi Sartika - Walikota/ Margonda - Terminal Depok Untuk arah sebaliknya tidak melintas Jl. Dewi Sartika, akan tetapi melalui Jl. Arif Rahman Hakim lalu terus melewati Jl. Nusantara baru kembali masuk Jl. Raya Sawangan.Ongkos jarak dekat Rp.3.000,00. Lokasi ngetem yang perlu diwaspadai yakni Jl. Arif Rahman Hakim, Jl. Raden Sanim, Sasak Raya, Limo, serta Jl. Kayu Manis Pondok Cabe.

Itulah rute angkutan umum yang melintasi wilayah Cinere lengkap dengan alur rute, ongkos minimum dan wilayah ngetem yang perlu diwaspadai. Selamat berpergian, hati-hati di jalan.


Comments

  1. nice post gan, skalian mampir untuk sekedar liat trayek di blog ane

    http://transportinfo.web.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih gan udah berkunjung. Saya udah liat blog ente bermanfaat dan sangat lengkap gan. Penting buat yang buta tranportasi umum

      Delete
  2. Nice info Om, two thumb sambil bercendol. :)

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Malam gan kalo mau ke cinere raya dari bogor kira2 naik apa ya ? Terimakasih

    ReplyDelete
  5. Gan mau tau dong , untuk angkot di cinere ini sampai jam berapa kalo malam ??

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. tolong pihak dinas perhubungan n pihak KAB D 16 biru tertibkan para sopir KAB D 16 biru rute psr minggu - cinere atau psr minggu - pondok labu serta psr minggu - mangga besar tertulis atau di cantumkan dalam stiker keluaran KAB yg di tempelkan pd pintu angkot tsb sebesar Rp.4.000,- (seharusnya ditempelkan dgn huruf besar n diletakkan, ditempelkan di depan dekat sopir shg sopir n penumpang bisa lihat tarif baru angkot KAB D16 biru tsb) shg sopir angkot tsb yg suka menaikkan tarif seenak perutnya sang sopir tidak seenaknya menaikkan tarif shg sesuai yg di cantumkan dlm stiker keluaran KAB ttg tarif ongkos baru angkot KAB D 16 btsb mis dari psr minggu ke cilandak kko tertulis dlm sticker keluaran KAB tsb yg di tempel di pintu angkot tsb Rp.4.000,- tapi ketika penumpang turun lalu dibayar 5000 lalu oleh sopir Angkot KAB (baik sopir batangan atau sopir tembaK) tsb tidak dikembalikan kembalian kepada penumpang sebesar Rp.1.000,- pdhal sdh tertulis pd sticker keluaran KAB tsb n tindak sopir tembak ankot KAB D 16 BIRU n banyak pengamen pank DI DAERAH JL RAYA RAGUNAN RAYA di bolehkan masuk ngamen dlm angkot TSB serta maksa2 SERTA JAMBRET BRG OR TAS BAWAAN penumpang terutama pd penumpang cwe. THANK

    ReplyDelete
  8. kalau dari stasiun ,,,rutenya kemana..

    ReplyDelete
  9. Gan mau tanya ni, kalau ongkos dr pasar minggu ke rs puri cinere berapa ya??
    (Angkot D61)

    ReplyDelete
  10. dari gandul ke cimanggis naik angkot apa?

    ReplyDelete
  11. Gan mau nanya kalo mau ke pj's family pitstop bagaimna ya angkutan umumnya?

    ReplyDelete
  12. Armada 114 cinere- pondok labu sekarang sangat sedikit. Jadi orang makin malas menunggu

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Perjalanan Sehari Jakarta - Kawah Putih Naik Motor

Transportasi dari Jakarta ke Pos Pendakian Gunung Sindoro-Sumbing, Wonosobo