Kegiatan Menunggu Waktu Buka Puasa

Berbuka puasa adalah waktu yang paling dinanti-nanti oleh setiap muslim yang berpuasa terutama saat bulan Ramadhan. Wajar saja, saat berbuka kita bisa melepaskan segala nafsu yang pada siang hari tertahan. Apalagi soal urusan perut dan tenggorokan, pasti sudah tak tahan bukan? Masalahnya bila rasa lapar, haus, dan lain-lain sudah muncul di saat siang atau menjelang sore. Apa yang bisa kita lakukan? Bagi orang yang tidak punya kerjaan maka hanya bisa menunggu waktu buka puasa. Tentu saja hal itu membosankan, dan rasa lapar pun semakin tak terhankan. Untuk itu, kali ini penulis memberikan tips mengenai kegiatan yang bisa dilakukan untuk menunggu waktu berbuka puasa. Dengan melakukan kegiatan kecil ini, akan sangat membantu kita menahan lapar saat puasa. Berikut kegiatan-kegiatan menunggu buka puasa.

1. Tadarus Al-Quran. 
Tadarus Al-Quran merupakan kegiatan yang paling baik untuk menunggu waktu buka puasa. Mengapa demikian? Karena dengan melakukan tadarus, kita bisa mendapat pahala yang berlipat dari Allah swt. Jika iman Anda belum terlalu kuat dan merasa sangat malas membaca Al-Quran, maka sebaiknya anda coba dahulu. Insyaallah Anda akan ketagihan. Ingat, jangan cuma membaca Arabnya saja! Cobalah baca dengan terjemahannnya. Hal ini dapat memperkuat pemahaman Anda mengenai isi kandungan Al-Quran. Banyak pelajaran yang bisa didapat dengan membaca Al-Quran. Anda dapat melakukan tadarus Al-Quran di mana pun tempat Anda berada, dengan catatan tempat itu suci. Anda bisa bertadarus di rumah, di mushala, di sekolah, di tempat kerja, bahkan di angkutan umum. Khusus yang di angkutan umum, bacanya pelan-pelan yaa.

2. Jalan-jalan Sore

Kalau anda merasa bosan menunggu buka puasa di rumah, Anda bisa mengisi waktu menunggu anda dengan melakukan jalan-jalan. Tidak perlu jalan-jalan yang jauh. Cobalah keliling tempat tinggal Anda. Barangkali di tempat Anda ada taman. Di taman, anda bisa berinteraksi dengan tetangga sekitar, keluarga, serta teman. Anda bisa mengobrol santai tentang kehidupan Anda sehari-hari. Intinya cobalah berinteraksi di ruang terbuka. Kegiatan ini dapat menghibur Anda. Saya sarankan jangan berpergian yang terlalu jauh. Anda perlu memperhitungkan waktu. Jangan sampai ngabuburit Anda malah berubah jadi tak menyenangkan, seperti terjebak macet di jalan dan gagal tiba di rumah tepat waktu.

3. Berolahraga

Berolahraga saat puasa? Tidak masalah! Sembari menunggu waktu berbuka puasa, Anda juga dapat melakukan aktifitas olahraga. Tidak perlu berat-berat. Anda bisa bermain bulutangkis bersama tetangga, teman, atau keluarga Anda. Kalau kegiatan ini masih membuat anda ngos-ngosan, apa boleh buat? Anda setidaknya bisa berolahraga pikiran seperti bermain catur, bermain kartu, dan beragam permainan yang membutuhkan strategi dan ketangkasan. 

4. Memancing

Tidak ada salahnya untuk mencoba memancing. kegiatan memancing sangat tepat dilakukan saat menunggu buka puasa. Memancing akan melatih kita untuk berlaku sabar. Anda dapat memancing di sekitar rumah Anda, di pemancingan, sungai, danau, empang, bahkan got yang dihuni ikan-ikan kecil. Kalau rumah Anda dekat sawah, mungkin anda juga bisa memancing belut.  

5. Memasak dan Menyiapkan Hidangan Berbuka

Anda dapat menunggu buka puasa dengan menyiapkan makanan berbuka. Kalau biasanya yang menyiapkan waktu berbuka adalah ibu, pembantu, atau siapa pun selain Anda, maka Anda berhak untuk memasak sendiri makanan untuk berbuka. Anda dapat memanfaatkan informasi menu berbuka yang variatif. Coba saja masak menu itu dengan kemampuan Anda sendiri. Kalau tidak bisa, coba Anda yang menyiapkan minuman pembuka. Jangan cuma es buah, Anda bisa mencari informasi menu minuman lain yang bisa Anda sajikan saat berbuka nanti. Anda juga bisa pergi ke pasar atau supermarket untuk mendapatkan bahan-bahan yang Anda butuhkan. 

6. Nonton Film

Datanglah ke bioskop terdekat utnuk menonton pertunjukan film. Sebelum Anda menonton sebaiknya anda mengecek jadwal tayang film terlebih dahulu di internet. Hal ini dapat membantu Anda mengatur perkiraan waktu pulang dan berbuka. 

7. Berkunjung ke Rumah Kerabat

Bulan Ramadhan adalah bulan yang dapat mempererat tali persaudaraan sesama. Nah, di bulan inilah saat yang tepat bagi anda berkunjung ke rumah saudara, teman, serta kolega. Bertamulah di waktu yang tepat. Biasanya jika Anda datang bertamu pada waktu menjelang berbuka, pemilik rumah akan menyuruh Anda untuk berbuka bersamanya. Oleh karena itu, Anda perlu memperhitungkan waktu. kalau tanggung magrib, lebih baik Anda rencanakan berbuka puasa bersama si pemilik rumah.


Itulah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan saat menunggu waktu berbuka puasa. Masih banyak kegiatan-kegiatan positif lainnya yang bisa Anda lakukan. Anda juga dapat berbagi pengalaman kegiatan menunggu waktu berbuka dengan mengomentari tulisan ini. 

Comments

Popular posts from this blog

Rute Angkutan Umum di Cinere

Perjalanan Sehari Jakarta - Kawah Putih Naik Motor

Transportasi dari Jakarta ke Pos Pendakian Gunung Sindoro-Sumbing, Wonosobo