Tips Menghilangkan Rasa Bosan Saat Liburan

Liburan menjadi suatu hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh setiap orang. Banyak orang yang menghabiskan waktu liburan dengan jalan-jalan keluar kota. Bisa bertamasya ke luar kota mungkin menjadi hal yang paling menyenangkan. Namun, bagaimana bila kita tidak dapat bertamasya ke luar kota karena pelbagai alasan, mulai dari masalah keuangan yang kronis, hingga tidak adanya izin orang tua? Akibatnya, waktu libur yang ditunggu-tunggu tersebut malah menjadi petaka. Rasa bosan di rumah akan segera hinggap di benak kita. Lalu bagaimana cara mengatasi rasa bosan saat liburan tanpa bisa jalan-jalan ke luar kota? Berikut kegiatan-kegiatan kecil yang mungkin bisa kamu lakukan untuk menghindari rasa bosan di rumah.

  1. Lari Pagi. Jika kamu selama ini selalu sibuk dengan rutinitas sehari-hari yang padat, tidak ada salahnya mencoba lari pagi yang mungkin sudah lama tidak kamu lakukan. Lari pagi merupakan kegiatan yang bisa kamu lakukan tanpa repot dengan pelbagai perlengkapan. Cukup bermodal sepatu, celana training, dan kaos, kamu sudah dapat melakukan aktifitas ini. Tidak punya sepatu dan celana training? Nggak usah bingung! Kamu bisa nyeker tanpa alas kaki serta bercelana kolor saja sudah langsung bisa ngacir mengelilingi sekitar rumah. Lebih seru kalau di dekat rumah kamu ada taman atau hutan kota, tentu terasa lebih menyenangkan. Namun bila tidak ada, tak usah khawatir! Kamu bisa berkeliling ke daerah-daerah sekitar rumah kamu, memasuki gang sempit, melewati tempat yang tak biasa kamu lewati dalam rutinitas biasanya. Cara ini efektif menghilangkan rasa bosan serta dapat memberi kesegaran jasmani. 
  2. Memasak. Memasak bisa menjadi pilihan untuk menghilangkan rasa bosan. Kamu dapat melakukan eksperimen-eksperimen masakanmu dengan berbagai komposisi bahan dan bumbu yang tak biasa. Di rumah cuma ada telur? Ini lah kenyataannya. Tentu saja kamu yang malas belanja, tidak akan sempat untuk berbelanja ke supermarket atau warung sayur sebelah. Gunakan saja bahan baku, bumbu, dan peralatan seadanya. Gorenglah telur dengan cara yang tak biasa. Kamu bisa berkreatifitas dengan bumbu, cara memasak, dan cara penyajiannya. Campurkan telur tadi dengan air. Perbandingannya 1:2  telurnya satu, airnya dua. Jangan lupa tambahkan garam dan sedikit merica. Kamu bisa berkreatifitas dengan menambahkan bumbu-bumbu aneh yang ada di lemari dapurmu. Goreng di atas minyak panas, gulung-gulung, aduk-aduk sesukamu. Nikmatilah hasil eksperimen masakan telurmu. Kalau kamu suka membuat kue, tidak ada salahnya membuat kue dengan gayamu sendiri. Ini akan menjadi hal yang mengasikkan.
  3. Menulis. Tulislah apa yang ada dalam pikiranmu. Kamu tidak harus menunggu ada laptop, atau ke warnet jika tidak bisa diketik. Tulis saja tulisanmu di notes yang kamu punya. Kamu bisa menceritakan kisah liburanmu yang membosankan, curhat tentang teman-temanmu yang menjengkelkan, atau kenangan terakhir liburan ke luar kota. Dengan menulis, kamu bisa berimajinasi dengan bebas. Lebih menyenangkan kalau tulisanmu bisa dibaca banyak orang. Posting saja di blogmu, pasti akan lebih seru lagi.
  4. Berbisnis. Selama liburan tentu pemasukan pun sangat terbatas. Dengan berbisnis liburan justru malah bisa menghasilkan uang jajan tambahan. Tapi saya kan nggak bisa bisnis? Jangan begitu. Ada banyak cara berbisnis dalam upaya mengisi waktu luang. Coba deh lihat di sekitar tempat tidurmu, atau bahkan di gudang rumahmu. Barangkali di sana ada benda-benda tak terpakai yang bisa kamu jual. Cukup kamu foto dan jual secara online di toko online gratis yang kini banyak bermunculan.
  5. Observasi Lingkungan. Ini adalah cara yang jarang di lakukan banyak orang, bahkan terpikir pun tak pernah, tapi ini justru mudah dan tak mengeluarkan uang sama sekali. Pernah mengamati benda-benda di sekelilingmu? Coba amati semut-semut kecil yang ada di bawah lantaimu. Dari mana mereka berasal? Bagaimana cara mereka berthan hidup? Jawablah pertanyaan itu dengan mengamati semut tadi. Kalau kamu kreatif, kamu dapat membuat rekaman video meliput hewan kecil ini. Kamu bisa bergaya layaknya di  film dokumenter National Geographic Animal. Seru bukan?
  6. Berkebun. Kalau selama ini tukang kebun yang merawat tanaman di halaman rumahmu, ini adalah waktu yang tepat bagimu mengurus tanaman di pekarangan. Guntinglah tanaman yang sudah rimbun, cabuti rumput-rumput liar, siram secara teratur. Masih kurang? Cobalah bercocok tanam tanaman yang ada di dapurmu. Bawang, jahe, kunyit, daun bawang, dan biji-bijian dapat kamu tanam di pekarangan rumahmu. Dengan begitu kamu terlihat lebih rajin dan tak tampak pemalas. Percayalah!
  7. Membuat Kerajinan. Kumpulkan barang-barang bekas di rumahmu. Kardus, koran, botol dapat kamu manfaatkan kembali menjadi benda kerajinan tangan. Dengan bermodal gunting, cutter, lem, dan tali kamu bisa membuat beragam bentuk benda kerajinan tangan. Jika hasil kreatifitasmu bagus, rapi, dan unik, siapa tahu malah bisa dijual dan mendapat uang jajan.

Itulah beragam kegiatan yang bisa kamu lakukan di saat liburan. Sederhana bukan? Yang terpenting kamu bisa memanfaatkan waktu liburanmu dengan hal-hal positif dan produktif. Masih banyak cara-cara lain yang juga bisa kamu lakukan. Intinya, nikmati saja setiap detik waktu liburanmu. Dengan begitu kamu tidak akan lagi merasa bosan.

Comments

  1. kalau yang membuat kerajinan itu emang kerjaan elu, wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah begitulah yo, gak ada salahnya lo coba deh tuh.hhe

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rute Angkutan Umum di Cinere

Perjalanan Sehari Jakarta - Kawah Putih Naik Motor

Transportasi dari Jakarta ke Pos Pendakian Gunung Sindoro-Sumbing, Wonosobo