Transportasi Menuju Pos Pendakian Gunung Gede Pangrango dari Jakarta

Gunung Gede Pangrango
Bagi Anda penggiat olahraga mendaki gunung, berikut ini akan saya paparkan rute transportasi umum ke pos pendakian gunung Gede Pangrango. Untuk mendaki gunung Gede dan Pangrango dapat melalui tiga jalur yakni Cibodas, Gunung Putri, dan Salabintana. Pada tulisan ini akan dibahas moda transportasi untuk mencapai pos pendakian di Cibodas dan Gunung Putri

Untuk mencapai kedua pos pendakian gunung Gede Pangrango tersebut dari wilayah Jakarta dapat  menggunakan bus umum yang melintasi kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Bus umum tersebut dapat dijumpai di terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. Bus besar yang melalui jalur Puncak Cianjur di antaranya bus Doa Ibu dan Karunia Bakti jurusan Kampung Rambutan - Garut maupun jurusan Kampung Rambutan - Tasik

Bus Karunia Bakti Garut-Jakarta via Puncak
Yang perlu diperhatikan bahwa rute tersebut harus melintasi kawasan Puncak karena bus-bus tersebut ada juga yang tidak melalui Puncak, tetapi melalui Cipularang. Baca trayek bus di kaca depan bus apakah terdapat tulisan via Puncak, Cianjur atau tidak. Jika perlu tanyakan dahulu kepada kondektur bus apakah bus tersebut lewat Puncak. Jika ya, silahkan naik dengan tertib. Barang bawaan seperti carrier silahkan diletakkan di bagasi bus atau duduklah di kursi belakang agar barang tidak mengganggu penumpang lain.

Tarif bus atau ongkos naik bus ke sana kisaran Rp20.000-25.000 untuk tahun 2013 pasca kenaikan BBM. Mintalah kondektur bus untuk menurunkan Anda di Cibodas bagi yang hendak melalui jalur Cibodas, atau turun di pasar Cipanas bagi yang hendak melalui jalur Gunung Putri.

Jalur Cibodas
Bagi Anda yang melalui jalur Cibodas, setelah turun dipertigaan Cibodas, anda dapat melanjutkan menggunakan angkot menuju terminal Cibodas atau langsung minta di antar ke depan Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango maupun pos Pendakian. Tarif atau ongkos angkot dari pertigaan Cibodas ke atas sekitar Rp.5.000-7.000. Selain menggunakan angkot, Anda juga dapat menggunakan jasa Ojek dengan tarif Rp.10.000-20.000. 

Jalur Gunung Putri
Kawasan Cipanas
Kalau Anda hendak melalui jalur Gunung Putri Anda masih bertahan di dalam bus beberapa kilometer lagi dari pertigaan Cibodas tadi. Mintalah turun di pasar Cipanas. Pasar Cipanas letaknya setelah Istana Cipanas. Perhatikan  sekeliling Anda saat mendekati pasar Cipanas agar jangan sampai terlewat. Setelah turun bus, Anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan angkot yang biasanya langsung menawarkan diri begitu Anda turun bus. 

Tarif angkotnya sama saja sekitar Rp.5.000-10.000 tergantung banyaknya barang bawaan Anda. Bilang kepada supir agar diturunkan di pos Gunung Putri. Mereka pasti sudah paham. Selain angkot, Anda juga dapat menggunakan jasa ojek dengan tarif Rp.10.000-20.000 tergantung berat beban dan jam kedatangan Anda. Kalau terlalu mahal, tawar saja.

Comments

  1. Replies
    1. Assalamualaikum wrb, saya mohon maaf jika postingan ini menyinggung perasaan anda semua tapi saya lillahi ta’ala hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya yang mengubah kehidupan saya menjadi sukses. Perkenalkan terlebih dahulu saya Suci Andini tinggal di Riau,dulu saya berprofesi sebagai penjahit namun himpitan ekonomi yakni hutang piutang dalam membangun usaha saya kian semakin besar tapi saya tidak menyerah dengan keadaan saya tetap ikhtiar, pada suatu hari saya membuka buka internet tidak sengaja saya melihat postingan seseorang yang sama seperti keadaan saya tapi beliau sudah berhasil,beliau dibantu oleh Kyai H. Sakti Mangunkarso tanpa pikir panjang saya menghubungi beliau, saya diberikan pencerahaan dan solusi, pada awalnya saya ragu ragu tapi saya coba memberanikan diri mengikuti saran beliau,alhamdulillah berjalan lancar dan sekarang saya punya beberapa mini market dan penginapan didaerah Riau,terimah kasih saya ucapkan pada Kyai H. Sakti Mangunkarso sebab berkat beliau saya bisa seperti ini,mungkin banyak orang yang menyebut saya mengada-ada tapi saya buktikan sendiri,khusus yang serius mau bantuan silahkan hub beliau Kyai Sakti Mangunkarso beliau orangnya ramah ini nomor beliau 0852 1117 4125 ini pengalaman pribadi saya percaya atau tidak semua tergantung pembaca demi Allah ini nyata sekian dan terima kasih ,Assalamualaikum Wrb....allahuakbar....allahuakbar....allahuakbar

      Delete
  2. gan kalo via selabintana gimana transportnya? info ya gan thanks

    ReplyDelete
  3. Thx infonya . . *angkatCarriel⛺⛺⛺🗻🗻🗻

    ReplyDelete
  4. kalo dr cibodas ke pos gunung putri naik apaan ya gan?

    ReplyDelete
  5. Gan kalo naik bus dr kampung rambutan itu naik bus yg mana ya?

    ReplyDelete
  6. kalo dari kp.rambutan naik jurusan cianjur

    ReplyDelete
  7. Kalau dari bogor kira" naik apa ke cipanas?

    ReplyDelete
  8. Bang kalo dari bogor naek kreta turun di stsiun mana. Dari stasiun naek mobil apa ke pos gn.putri

    ReplyDelete
  9. Bang kalo dari bogor naek kreta turun di stsiun mana. Dari stasiun naek mobil apa ke pos gn.putri

    ReplyDelete
  10. akhirnya ada penjelasan menuju base camp yang jelas..tengkyuuwww

    ReplyDelete
  11. Mkasih gan tulisan nya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  12. Mantab gan. Kalo butuh peraltan hiking liat aja gan di riung Adventure

    ReplyDelete
  13. Kalo dari cibodas angkot sampai jam berapa?

    ReplyDelete
  14. Misi bung kalo arah pulang ke Jakarta nya gimna yah ??? Mohon info nya yg berpengalaman... Makasih😀

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rute Angkutan Umum di Cinere

Perjalanan Sehari Jakarta - Kawah Putih Naik Motor

Transportasi dari Jakarta ke Pos Pendakian Gunung Sindoro-Sumbing, Wonosobo