Cara Mengatasi Demam Panggung

Demam panggung memang sering kali menjadi masalah ketika kita hendak melakukan suatu pertunjukan di muka umum. Panggung seakan menjadi momok yang menakutkan yang akhirnya menyebabkan badan berkeringat dingin, gemetaran, bahkan sering menyebabkan buyarnya konsentrasi. Jika ini terjadi, bisa-bisa sebuah pertunjukan yang hendak kita tampilkan malah berakhir berantakan. Penyebabnya memang macam-macam, mulai dari rasa percaya diri yang menurun karena takut salah, penonton yang begitu membludak, atau berhadapan dengan juri yang menakutkan. Sebenarnya demam panggung bisa diatasi atau dikurangi dengan beberapa cara dibawah ini:

  1. Cuci Muka. Sebelum melakukan pertunjukan, coba Anda luangkan waktu sejenak untuk cuci muka. Melakukan cuci muka dapat menyegarkan kembali tubuh dari tekanan mental sesaat sebelum pertunjukan. Kepala yang sedikit panas bisa dinetralisir dengan melakukan cuci muka. Mata yang tadinya mengantuk pun bisa kembali prima dengan mencuci muka. Sensasi air yang dingin dapat membantu relaksasi pikiran yang berpusat di otak. 
  2. Atur Nafas. Aturlah nafas Anda sejenak sebelum tampil. Lakukan seperti layaknya latihan pernafasan sederhana. Hirup udara segar sebanyak-banyaknya, tahan, lalu hembuskan perlahan. Ini akan membantu Anda menenangkan rasa panik. 
  3. Rehat. Beberapa menit sebelum tampil, cobalah untuk keluar lokasi sekedar untuk mengalihkan pandangan. Anda bisa ke belakang panggung, ke luar ruangan, atau pergi kemana pun yang tidak jauh dari lokasi untuk sekedar mengalihkan suasana panggung yang begitu tegang. 
  4. Meminta Dukungan. Temui rekan, orang tua, bahkan kekasih Anda yang berada disekitar Anda saat itu untuk meminta dukungannya. Bilang kepadanya, berikanlah saya semangat dan doa. Hal itu akan membantu Anda untuk tampil prima karena sugesti yang mereka berikan dapat membuat Anda lebih percaya diri dan kembali bersemangat.
  5. Berdoa. Jangan lupa berdoa kepada tuhan Yang Maha Kuasa. Mintalah kepada-Nya agar Anda diberikan kekuatan untuk menghadapi pertunjukan ini dan dapat melaluinya dengan berhasil.
  6. Tersenyum. Berikan senyuman terbaikmu saat tampil maupun sebelum tampil. Tersenyum dapat mengurangi stres dan membantu Anda untuk lebih tenang dan konsentrasi.

Itulah beberapa tips untuk mengatasi demam panggung. Jika itu masih belum cukup carilah metode lain yang cocok dengan jiwa Anda. Sebab, pada dasarnya tingkat demam panggung setiap orang berbeda-beda, ada yang masih dalam tahap kewajaran, dan ada pula yang sudah memasuki tahap akut. Selamat mencoba.

Comments

Popular posts from this blog

Rute Angkutan Umum di Cinere

Perjalanan Sehari Jakarta - Kawah Putih Naik Motor

Transportasi dari Jakarta ke Pos Pendakian Gunung Sindoro-Sumbing, Wonosobo