Gelar Sastra Raya 2012 yang Meriah

Berperan sebagai pengantin saat GSR di stand prodi Jawa
Ada yang berbeda di sekitar parkiran mobil gedung IX FIB-UI tanggal 14 Desember 2012 lalu. Parkiran yang biasanya dipenuhi oleh mobil-mobil milik mahasiswa hari itu diisi dengan stand dekoratif dari 15 jurusan di FIB. Acara yang dinamakan Gelar Sastra Raya ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian Festifal Budaya FIB UI. stand-stand tersebut menampilkan ciri khas jurusan masing-masing. Stand dengan nomor satu diisi oleh program studi Cina dengan menampilkan dekorasi tembok berwarna merah layaknya tembok-tembok di Cina. Tidak ketinggalan pula tentara-tentara Cina yang ikut serta menarik pengunjung.

Di sebelah utara ada stand prodi Arkeologi yang sekitar pukul 9 baru ditata. Tahun ini prodi Arkeologi menampilkan desain stand layaknya di lokasi ekskavasi. Katrol-katrol timbaan serta berbagai alat menggali termasuk sekop turut dipamerkan. Prodi arkeo tampaknya ingin mengajak pengunjung merasakan langsung sensasi menggali situs-situs arkeologi.

Di sudut yang lain ada stand prodi Jawa yang menampilkan desain layaknya pernikahan adat Jawa. Bagian depan stand dibuat gapura dengan tata kain dan rangkaian bunga yang menghiasi. Karpet merah digelar seakan menyambut kedatangan para tamu undangan. Prodi Jawa tahun ini mengangkat tema upacara pernikahan adat Jawa. Sekitar pukul 9 di stand ini pun diadakan iring-iringan besan yang hendak meminang pengantin perempuan. Para pengunjung antusias menyaksikan jalannya upacara panggihing penganten ala prodi Jawa ini. Disediakan pula fasilitas pemotretan gratis lengkap dengan pakaian pengantin bagi para pengunjung.

Pada penutupan Festival Budaya 2012 yang berlangsung pada 15 Desember 2012 akhirnya progran studi Jawa yang keluar sebagai juara I disusul prodi Cina sebagai juara II dan prodi Jepang sebagai juara III. 

Comments

Popular posts from this blog

Rute Angkutan Umum di Cinere

Perjalanan Sehari Jakarta - Kawah Putih Naik Motor

Transportasi dari Jakarta ke Pos Pendakian Gunung Sindoro-Sumbing, Wonosobo