Stigma dan Realita Kuliah Sastra Jawa di Universitas Indonesia.

Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, tempat Jurusan Sastra Jawa Bernaung
Buat kamu yang sedang cari informasi kuliah sastra Jawa atau sekedar penasaran dengan kehidupan kuliah sastra Jawa, postingan kali ini akan sedikit menjadi gambaran persepsi kuliah sastra Jawa itu seperti apa. Banyak stigma, label, atau cap yang menempel dalam persepsi orang terkait kuliah sastra Jawa.

Jangan kaget! Jurusan kuliah yang nyentrik dan beda ini memang punya stigma sendiri di mata masyarakat. Stigma apa saja kah itu? Mari kita ulas stigma dan realitanya kuliah di sastra Jawa khususnya sastra Jawa Universitas Indonesia.

MADESU

Yap, hampir sebagian besar masyarakat akan memandang remeh temeh jurusan sastra Jawa. Katanya, mau jadi apa kamu kuliah sastra Jawa? Masa Depan Suram Sukses adalah hal yang terbayang di masyarakat karena sempitnya informasi mengenai prosepek kerja jurusan ini.

Faktanya, meskipun lapangan kerja yang terkait langsung dengan jurusan ini sangat terbatas, semua lulusan Sastra Jawa Universitas Indonesia pasca lulus langsung masuk ke beragam dunia kerja yang umum seperti lulusan jurusan-jurusan lainnya, mulai dari kerja kantoran, jurnalis lapangan, sampai berwirausaha.

JADI DALANG? DUKUN?

Lulus sastra Jawa mau jadi dalang atau jadi dukun? Begitulah tanya orang-orang jika kamu kuliah di sastra Jawa. Maklum yang orang pahami dari budaya Jawa tak lepas dari dunia pewayangan. Nggak jarang juga yang mikir "nglenik" makanya disangka mau jadi dukun. Tapi apa benar?

Faktanya, kuliah sastra Jawa mempelajari kebudayaan Jawa dengan bahan baku teks/tulisan berbahasa Jawa yang berorientasi pada penelitian dan mengambil karya sastra Jawa sebagai objeknya, sama sekali bukan menjadi subjek, alias pelaku budaya itu sendiri.

Kuliah di Sastra Jawa memang mempelajari pula dunia pewayangan, tentu sebagai pengetahuan umum semata. Ada juga kuliah wayang dengan praktik mengenali dunia wayang dan pedalangan, tapi tak menjadikan mahasiswanya sebagai dalang. Ada juga kuliah religi Jawa yang mempelajari cara orang Jawa menganut keyakinannya. Itu pun tidak membuat mahasiswanya mahir baca primbon, atau meramal masa depan.

WAH S2-NYA DI BELANDA DONG..

Ini salah satu stigma yang positif. Katanya kalau kuliah sastra Jawa nanti S2nya bakal ke Belanda karena langka loh ahlinya. Stigma ini bisa benar, bisa juga tak sepenuhnya benar.

Faktanya, yang melanjutkan jenjang S2 bahkan S3 itu jumlahnya tidak banyak. Sebagian besar yang lanjut justru pada akhirnya beralih keahlian ke ekonomi atau sosial humaniora lainnya.

Ada memang yang lanjut S2 dan S3 dan harus bolak balik ke Belanda. Itu benar memang ada, tapi tidak banyak. Hal itu dimungkinkan karena sumber data penelitian memang sebagian berada di negeri Belanda dan di Belanda juga memang ada jurusan sastra Jawa.

SAYA BUKAN ORANG JAWA. APA BISA?

Banyak orang yang bertanya-tanya apa harus orang Jawa yang masuk sastra Jawa? Atau apa bisa orang yang bukan suku Jawa masuk Sastra Jawa?

Khususnya di Sastra Jawa UI, faktanya, karena berlokasi di dekat Jakarta setiap tahun mahasiswa yang masuk sastra Jawa pasti terdiri dari penutur Jawa asli yang datang dari kampung, dan mahasiswa yang non penutur asli Jawa yang biasa berbahasa Indonesia dialek Jakarta malah banyak juga yang dari luar pulau Jawa itu sendiri. Semuanya sama-sama belajar dari nol kembali untuk bahasa Jawanya.

JURUSAN BUANGAN, YANG PENTING MASUK UI

Boleh dibilang jurusan sastra Jawa di Universitas Indonesua itu selalu menjadi bulan-bulanan orang terkait posisi passing grade-nya yang paling rendah se-UI. Kemudian orang-orang yang masuk ke dalamnya dicap hanya karena ngincer UI-nya saja. Apa betul begitu?

Faktanya, tidak sedikit mahasiswa yang memilih Sastra Jawa UI dengan pilihan pertamanya loh. Walaupun banyak juga yang menjadikan sastra Jawa sebagai pilihan cadangan. Nggak ada yang salah juga sih. Yang pasti iklim belajar di UI itu beda banget dibanding tempat lainnya. Dan ketika kamu masuk di suatu lingkungan yang positif maka kamu pun ikut jadi positif, dan sebaliknya. Seperti itulah prinsipnya.



Itulah stigma-stigma dan fakta kuliah di sastra Jawa Universitas Indonesia. Masih penasaran? Silakan coba masuk dulu, nanti juga paham. Pepatah bilang Don't judge a book by its cover!



Oleh Rizky Ramadhani
Alumnus Sastra Jawa Universitas Indonesia Angkatan 2010
Instagram: rramadhanirizky




Comments

  1. Assalamualaikum wrb, saya mohon maaf jika postingan ini menyinggung perasaan anda semua tapi saya lillahi ta’ala hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya yang mengubah kehidupan saya menjadi sukses. Perkenalkan terlebih dahulu saya Suci Andini tinggal di Riau,dulu saya berprofesi sebagai penjahit namun himpitan ekonomi yakni hutang piutang dalam membangun usaha saya kian semakin besar tapi saya tidak menyerah dengan keadaan saya tetap ikhtiar, pada suatu hari saya membuka buka internet tidak sengaja saya melihat postingan seseorang yang sama seperti keadaan saya tapi beliau sudah berhasil,beliau dibantu oleh Kyai H. Sakti Mangunkarso tanpa pikir panjang saya menghubungi beliau, saya diberikan pencerahaan dan solusi, pada awalnya saya ragu ragu tapi saya coba memberanikan diri mengikuti saran beliau,alhamdulillah berjalan lancar dan sekarang saya punya beberapa mini market dan penginapan didaerah Riau,terimah kasih saya ucapkan pada Kyai H. Sakti Mangunkarso sebab berkat beliau saya bisa seperti ini,mungkin banyak orang yang menyebut saya mengada-ada tapi saya buktikan sendiri,khusus yang serius mau bantuan silahkan hub beliau Kyai Sakti Mangunkarso beliau orangnya ramah ini nomor beliau 0852 1117 4125 ini pengalaman pribadi saya percaya atau tidak semua tergantung pembaca demi Allah ini nyata sekian dan terima kasih ,Assalamualaikum Wrb....allahuakbar....allahuakbar....allahuakbar








































































































































    Assalamualaikum wrb, saya mohon maaf jika postingan ini menyinggung perasaan anda semua tapi saya lillahi ta’ala hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya yang mengubah kehidupan saya menjadi sukses. Perkenalkan terlebih dahulu saya Suci Andini tinggal di Riau,dulu saya berprofesi sebagai penjahit namun himpitan ekonomi yakni hutang piutang dalam membangun usaha saya kian semakin besar tapi saya tidak menyerah dengan keadaan saya tetap ikhtiar, pada suatu hari saya membuka buka internet tidak sengaja saya melihat postingan seseorang yang sama seperti keadaan saya tapi beliau sudah berhasil,beliau dibantu oleh Kyai H. Sakti Mangunkarso tanpa pikir panjang saya menghubungi beliau, saya diberikan pencerahaan dan solusi, pada awalnya saya ragu ragu tapi saya coba memberanikan diri mengikuti saran beliau,alhamdulillah berjalan lancar dan sekarang saya punya beberapa mini market dan penginapan didaerah Riau,terimah kasih saya ucapkan pada Kyai H. Sakti Mangunkarso sebab berkat beliau saya bisa seperti ini,mungkin banyak orang yang menyebut saya mengada-ada tapi saya buktikan sendiri,khusus yang serius mau bantuan silahkan hub beliau Kyai Sakti Mangunkarso beliau orangnya ramah ini nomor beliau 0852 1117 4125 ini pengalaman pribadi saya percaya atau tidak semua tergantung pembaca demi Allah ini nyata sekian dan terima kasih ,Assalamualaikum Wrb....allahuakbar....allahuakbar....allahuakbar

    ReplyDelete
  2. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c "

    ReplyDelete
  3. Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY (ISKANDAR LENDERS) via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    e_mail:::[aditya.aulia139@gmail.com]
    [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    WhatsApp:::[+44] 7480 729811[Chats Only]
    Telephone Number☎[+44] 7480 729811[Calls Only]
    BBM INVITE:::[D8980E0B]

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rute Angkutan Umum di Cinere

Perjalanan Sehari Jakarta - Kawah Putih Naik Motor

Transportasi dari Jakarta ke Pos Pendakian Gunung Sindoro-Sumbing, Wonosobo