Cara Memulai Bisnis Online di Instagram

Ilustrasi Instagram
Setelah kurang lebih dari 3 tahun belakangan ini menggeluti dunia jualan online di instagram, kini saya merasa perlu untuk berbagi ilmu dan pengalaman jual beli online di Instagram. Pada postingan kali ini, pertama-tama saya akan memberikan tips dan trik cara memulai bisnis di Instagram terlebih dahulu.

Sedang bingung bagaimana cara memulai menjual suatu produk barang atau jasa di Instagram? atau sudah mencoba membuat online shop di instagram tapi tidak laku-laku? Mungkin sedikit ilmu ini dapat membantumu memulai bisnis jual beli online di Instagram. Akan saya jabarkan langkah demi langkah untuk memulainya. Pada tahap ini, saya hanya akan membahas langkah memulainya saja terlebih dahulu.

Langkah Pertama: Mulailah dengan Niat

Sebelum memulai berbisnis online di instagram ada baiknya kembali meluruskan niat terlebih dahulu. Dan pastikan niatmu sudah betul, sebab jika niatmu ingin cepat kaya dan dapat banyak uang dari jualan online, sebaiknya diluruskan dahulu. Sebab berbisnis online tidaklah mudah. Butuh banyak waktu, modal, dan kesabaran yang luar biasa besar. Jadi, coba luruskan niat terlebih dahulu. Dan mulailah dengan bismillah, agar segalanya dipermudah. Sesulit apapun memulainya, jika diawali dengan niat yang tulus dan tekad yang kuat, Insyaallah akan berhasil.

Langkah Kedua : Membuat Akun Instagram

Setelah niatnya lurus, sekarang mulailah membuat akun khusus jualanmu. Jangan berjualan dengan akun pribadi! Yap, ini penting sekali. Jika kamu berjualan dengan akun pribadi, kredibilitas onlineshopmu akan dipertanyakan. Apalagi juga memajang koleksi foto pribadimu, hal tersebuat akan membuat bisnismu terlihat TIDAK NIAT. Dijamin, orang akan berpikir berkali-kali untuk memutuskan membeli produkmu.

Instagram kini memiliki dua jenis akun yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa membuat onlineshopmu sebagai personal akun atau kini kamu bisa meningkatkannya menjadi akun bisnis. Menu tersebut ada pada menu profile pojok kanan atas ada titik tiga silahkan di tap dan silahkan cari tulisan akun bisnis atau business account. 

Jika hadir sebagai akun bisnis kamu wajib login dengan fanpage facebook. Jika belum memiliki fanpage facebook silahkan buat terlebih dahulu fanpage facebook. Sebab kini instagram terkoneksi dengan facebook. Jika kamu bingung atau malas membuatnya. tidak apa-apa mulai saja dengan personal akun terlebih dahulu.

Bedanya. kalau kamu terdaftar sebagai akun bisnis, pada kolom keterangan kamu bisa pasang nomor telepon yang bisa langsung ditap dan terkoneksi dengan instagram, juga lokasi peta pada google maps, fitur wawasan dan yang paling penting fitur iklan bersponsor instagram resmi.

Nama Akun

Proses penting saat membuat akun adalah menamakan akun dan nama pengguna yang cocok untuk bisnismu dan belum ada akun yang sama. Jangan ngawur dalam memberi nama akun, kecuali produkmu memang sudah terkenal. Akun yang baik, memiliki nama yang dapat berfungsi sebagai merek dagang, sekaligus kata kunci alias "keyword" pencarian. 
Username, Name, dan Deskripsi Akun

Di Instagram nama terbagi menjadi dua, "Name" dan "Username". Dari keduanya saya sarankan, kamu memilih salah satu fungsi di atas untuk name dan username. Misalnya "username" kamu fungsikan untuk nama brand alias merek dagang dan "name" untuk dijadikan kata kunci.

Sebagai contoh akun onlineshop saya username-nya @switennia dan name-nya "Souvenir Mug Printing". Artinya @switennia adalah merek dagang saya sedangkan
Souvenir Mug Printing adalah keyword yang saya gunakan. Mengapa harus seperti itu?

Nama dagang dan keyword sangat penting dalam berjualan di instagram. Merek dagang adalah pembeda kita dengan produk lainnya yang ada di pasaran. Inilah nama toko kita, inilah nama onlineshopnya, inilah identitas kita. 

Keyword "Souvenir Mug Printing" tadi berfungsi untuk memudahkan orang menemukan toko kita, Dengan menggunakan nama tersebut, toko kita lebih mudah masuk dalam pencarian orang. Ketika seorang membutuhkan produk "Souvenir Mug Printing" maka dengan mudah orang akan menemukannya pada menu pencarian atau Search khususnya pada menu search people di Instagram.

Sekarang giliranmu. Tentukan apa nama merek dagang alias nama toko onlineshopmu. Dan nama apa yang mewakili dan sering dicari untuk produk sejenis yang kamu jual. 

Keterangan Akun

Pada kolom deskripsi akun sebaiknya kamu terangkan secara super singkat apa produkmu, berapa nomor telepon, whatsapp, dan line yang kamu punya. Itulah profil utamamu. Saat calon pembeli akan membeli produk kita, jika dia tertark dengan produknya, dia akan mengecek keterangan profil kita untuk menemukan kontak whatsapp, line, telepon, serta lokasi kita berada. Informasi itu sangat penting untuk dicantumkan. Jika masih muat kamu bisa masukkan tagline jika space karakternya memang tersedia.

Langkah Ketiga:  Mulai Memposting Instagram

Mulailah dengan mengupload foto pertamamu. Untuk foto pertama saran saya tidak langsung mengupload foto produk. Jadikanlah foto pertama sebagai foto penanda kamu memulai bisnis ini pada waktu dan tanggal berapa, dimana, atau postingan sejenisnya agar kelak ketika onlineshopmu sudah melesat foto pertama ini akan jadi foto bersejarah untuk bisnismu.

Selanjutnya mari kita memulai foto produk pertamamu. Masalah pertama muncul, apa bisnismu sudah ada foto produknya? Jika bisnismu memang sudah berjalan sebelumnya tentu memotret produk mungkin sudah biasa tapi yang benar-benar baru memulai dan belum ada produknya bagaimana?

Okey, jika kamu jualan tapi barangnya ada dan bisa kamu foto maka silahkan fotolah dengan cara dan gayamu sendiri. Yang paling penting fotolah dengan jelas produk yang kamu jual, artinya, fotonya tidak gelap, tidak kekecilan dan sebagainya. 

Jika produkmu barang-barang kecil bisa menggunakan alas foto supaya kelihatan rapi untuk backgroundnya. Jika produknya agak besar bisa menggunakan kain latar untuk fotonya. Bisa juga dengan background tembok yang bagus. Jika membutuhkan talent juga boleh untuk model fotonya. Bisa teman sendiri kok sebagai talentnya. 

Semakin bagus foto yang kamu buat, semakin kelihatan bisnismu niat. Untuk masalah cara foto produk yang baik untuk online shop di instagram mungkin akan dibahas pada postingan selanjutnya.

Contoh Foto Produk
Jika kamu tidak memiliki kemampuan untuk memfoto produknya, misalnya kamu reseller, atau kamu belum pernah membuat produknya kamu bisa mengambil foto produk yang disediakan penjual yang kamu jadikan reseller tentu dengan izinnya, atau kamu menggunakan foto produk sejenis dari google yang penjualnya bukan orang Indonesia. Intinya, sebisa mungkin jangan mengambil foto produk sesama penjual di Indonesia apalagi foto produk pesaing tanpa izin jika tidak ingin bisnismu bermasalah.

Oh ya, untuk foto produk saya sarankan diedit dengan aplikasi penambah teks yang tersedia di google play atau play store untuk membuat tulisan atau foto. Syukur-syukur kamu bisa pakai photoshop tentu lebih baik lagi. Setiap foto beri tulisan nama produk serta harganya. Karena sepengalaman saya, orang malas baca caption jadi begitu dia mau pesan masih harus repot tanya harga dulu dan sebagainya meskipun dicaption ada. Jadi sekalian saja tempel harganya di foto produk. Biarkan foto ikut berbicara.

Sekarang upload foto-foto yang sudah tersedia ke Instagram. Tidak perlu menggunakan filter instagram untuk foto produk yang baik. Hal itu hanya akan membuat foto produkmu lebay dan tidak realpict. Cukup gunakan fasilitas edit seperti pengaturan contrast, brightness, highlight, shadow, dan saturation secukupnya.

Hal penting yang patut diperhatikan selanjutnya adalah caption dan tags. Caption yang baik mencantumkan beberapa hal berikut ini yaitu: Nama produk, harga produk, deskripsi singkat produk, cara memesan, kontak yang bisa dihubungi, dan catatan khusus jika dibutuhkan. Tentu saja tidak ketinggalah tags atau hashtags. 

Nama dan harga penting ditulis supaya jelas ini produk apa yang dijual dan berapa harganya. Posting yang tidak mencantumkan harga menjadi pertanyaan dalam benak calon pembeli. Pembeli mungkin akan berpikir kalau produk tersebut harganya mahal sehingga dia langsung malas untuk menghubungi kita. Kecuali calon pembeli tersebut benar-benar butuh produk yang kita jual.

Tulis deskripsi produk secara padat singkat dan jelas. Deskripsi produk yang panjang dan mengarang bebas hanya akan menunjukan onlineshop kita kurang profesional dan percuma, karena kemungkinan besar orang hanya melihat foto dan tidak baca captionnya. Jika kamu perlu menuliskan catatan khusus pada caption silahkan saja seperti informasi jam buka pelayanan, rules order, cara order, dan sebagainya.

Setelah deskripsi produk lengkap, kemudian lengkapi juga dengan tags sasaran. Misalnya kamu jualan kaos polos kamu bisa gunakan tags #KaosPolosMurah #KaosPolos #KaosPolosAdem #KaosPolosCombed20s #KaosPolosDepok #JualKaosPolos dan seterusnya sampai 15 kata kunci. Kamu bisa menemukan tags yang cocok dengan mencontoh tags yang pesaingmu gunakan. Coba saja kata kunci tersebut. Fungsi tags pada intinya supaya orang mudah menemukan produk kita.

Sekarang postinglah foto tadi berikut caption dan tagsnya secara lengkap. Seteleh itu fokus pertamamu adalah mengupload foto sebanyak-banyaknya untuk diposting. Saran saya, postinglah lebih dari 200 foto pertamamu secara bertahap selama beberapa hari ke depan untuk menarik kepercayaan calon pembali. Buatlah seolah-olah toko onlinemu punya produk yang banyak dan seakan-akan sudah mulai jualan sejak lama serta banyak yang beli. Kegiatan upload foto harus menjadi fokus utama untuk memulai binismu sampai target 200 foto produk berhasil diupload semua.

Untuk komposisi produk, saran saya, jangan hanya upload foto produknya saja. Tapi upload juga aktifitas di belakang layar, atau informasi lain yang bukan jualan. Perbandingan yang baik 70% foto produk, 30% foto non produk. 

Langkah Keempat : Membeli Followers

Setelah target upload 200 foto tercapai, kini saatnya kamu membeli followers. Kok beli followers? Yap betul sekali. Untuk meningkatkan kepercayaan calon pembeli, naikkan dulu followersmu menjadi 1000 followers sebagai langkah awal. Sebab calon pembeli hanya akan beli di tempat yang sudah pernah orang beli. Dari mana hal itu dilihat? Ya, tentu saja dari jumlah followers. Anggapan umum semakin banyak followers, semakin kelihatan dipercaya.

Terus belinya dimana? Cari saja di instagram jual jasa penambah followers. Ada banyak, silahkan searching. Carilah yang lebih terpercaya. Gunakan jasa mereka. Pengalaman saya, untuk 1000 fake followers (Followers pasif non lokal) harganya berkisar 100 ribuan. Yang mahal itu followers aktif indonesia (Bukan robot). Jadikan ini sebagai modal pertamamu. 

Pertanyaannya, apa kalau beli followers, produk kita akan laku? Belum... ini hanya langkah memulainya saja. Fake followers itu robot dan tentu saja mereka tidak akan beli produk kita. Fake followers jumlahnya pun akan berangsur-angsur turun dalam beberapa minggu hingga menyiskan followers yang sebenarnya. Demikian juga jenis follower pesanan yang lain juga tidak akan beli. Mereka hanyalah pancingan supaya follower kita kelihatan banyak dan calon pembeli percaya dan akhirnya beli. Jadi ini hanyalah pancingan calon pembeli.


KINI KAMU SUDAH MEMULAI BISNIS ONLINE DI INSTAGRAM
Dengan menjalani langkah-langkah di atas, artinya bisnis onlinemu sudah dimulai. Untuk mendapatkan pembeli pertama mungkin akan sulit. Jadi coba juga share postingan instagrammu ke akun facebook misalhnya untuk promosi tambahan. Apa dengan cara itu akan banyak pembeli yang datang? Ya, cuma masih sedikit. Bersabarlah, segalanya tidak ada yang instan. Lakukan saja secara terus menerus, tekun dan sabar. Pada postingan selanjutnya, saya akan berikan TRIK RAHASIANYA agar penjualan melejit berkali kali lipat. Ada 5 cara utama meningkatkan followers dan penjualan di instargram. Pertama dengan sistem promote, SFS, endorsement, Follow to Follow, dan Iklan Bersponsor,  Tunggu yaa!


Oleh Rizky Ramadhani
Pengembang Onlineshop Switennia, 2016
Marketing Online Ifsouvenir dan Lamgosouvenir 2013-2016

Comments

  1. Assalamualaikum wrb, saya mohon maaf jika postingan ini menyinggung perasaan anda semua tapi saya lillahi ta’ala hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya yang mengubah kehidupan saya menjadi sukses. Perkenalkan terlebih dahulu saya Suci Andini tinggal di Riau,dulu saya berprofesi sebagai penjahit namun himpitan ekonomi yakni hutang piutang dalam membangun usaha saya kian semakin besar tapi saya tidak menyerah dengan keadaan saya tetap ikhtiar, pada suatu hari saya membuka buka internet tidak sengaja saya melihat postingan seseorang yang sama seperti keadaan saya tapi beliau sudah berhasil,beliau dibantu oleh Kyai H. Sakti Mangunkarso tanpa pikir panjang saya menghubungi beliau, saya diberikan pencerahaan dan solusi, pada awalnya saya ragu ragu tapi saya coba memberanikan diri mengikuti saran beliau,alhamdulillah berjalan lancar dan sekarang saya punya beberapa mini market dan penginapan didaerah Riau,terimah kasih saya ucapkan pada Kyai H. Sakti Mangunkarso sebab berkat beliau saya bisa seperti ini,mungkin banyak orang yang menyebut saya mengada-ada tapi saya buktikan sendiri,khusus yang serius mau bantuan silahkan hub beliau Kyai Sakti Mangunkarso beliau orangnya ramah ini nomor beliau 0852 1117 4125 ini pengalaman pribadi saya percaya atau tidak semua tergantung pembaca demi Allah ini nyata sekian dan terima kasih ,Assalamualaikum Wrb....allahuakbar....allahuakbar....allahuakbar

















































































































































































































    Assalamualaikum wrb, saya mohon maaf jika postingan ini menyinggung perasaan anda semua tapi saya lillahi ta’ala hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya yang mengubah kehidupan saya menjadi sukses. Perkenalkan terlebih dahulu saya Suci Andini tinggal di Riau,dulu saya berprofesi sebagai penjahit namun himpitan ekonomi yakni hutang piutang dalam membangun usaha saya kian semakin besar tapi saya tidak menyerah dengan keadaan saya tetap ikhtiar, pada suatu hari saya membuka buka internet tidak sengaja saya melihat postingan seseorang yang sama seperti keadaan saya tapi beliau sudah berhasil,beliau dibantu oleh Kyai H. Sakti Mangunkarso tanpa pikir panjang saya menghubungi beliau, saya diberikan pencerahaan dan solusi, pada awalnya saya ragu ragu tapi saya coba memberanikan diri mengikuti saran beliau,alhamdulillah berjalan lancar dan sekarang saya punya beberapa mini market dan penginapan didaerah Riau,terimah kasih saya ucapkan pada Kyai H. Sakti Mangunkarso sebab berkat beliau saya bisa seperti ini,mungkin banyak orang yang menyebut saya mengada-ada tapi saya buktikan sendiri,khusus yang serius mau bantuan silahkan hub beliau Kyai Sakti Mangunkarso beliau orangnya ramah ini nomor beliau 0852 1117 4125 ini pengalaman pribadi saya percaya atau tidak semua tergantung pembaca demi Allah ini nyata sekian dan terima kasih ,Assalamualaikum Wrb....allahuakbar....allahuakbar....allahuakbar

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum wrb, saya mohon maaf jika postingan ini menyinggung perasaan anda semua tapi saya lillahi ta’ala hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya yang mengubah kehidupan saya menjadi sukses. Perkenalkan terlebih dahulu saya Suci Andini tinggal di Riau,dulu saya berprofesi sebagai penjahit namun himpitan ekonomi yakni hutang piutang dalam membangun usaha saya kian semakin besar tapi saya tidak menyerah dengan keadaan saya tetap ikhtiar, pada suatu hari saya membuka buka internet tidak sengaja saya melihat postingan seseorang yang sama seperti keadaan saya tapi beliau sudah berhasil,beliau dibantu oleh Kyai H. Sakti Mangunkarso tanpa pikir panjang saya menghubungi beliau, saya diberikan pencerahaan dan solusi, pada awalnya saya ragu ragu tapi saya coba memberanikan diri mengikuti saran beliau,alhamdulillah berjalan lancar dan sekarang saya punya beberapa mini market dan penginapan didaerah Riau,terimah kasih saya ucapkan pada Kyai H. Sakti Mangunkarso sebab berkat beliau saya bisa seperti ini,mungkin banyak orang yang menyebut saya mengada-ada tapi saya buktikan sendiri,khusus yang serius mau bantuan silahkan hub beliau Kyai Sakti Mangunkarso beliau orangnya ramah ini nomor beliau 0852 1117 4125 ini pengalaman pribadi saya percaya atau tidak semua tergantung pembaca demi Allah ini nyata sekian dan terima kasih ,Assalamualaikum Wrb....allahuakbar....allahuakbar....allahuakbar

    ReplyDelete
  3. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c "

    ReplyDelete
  4. Permainan Sabung Ayam Online di Agen BOLAVITA , dengan minimal deposit hanya Rp 25.000 saja , dan minimal betting hanya Rp 10.000 saja sudah bisa mainkan permainan Sabung Ayam

    http://agensabungayam.logdown.com/post/7857747-manfaat-cabe-jawa-untuk-ayam-jago-aduan

    Produk Kami Judi Sabung Ayam Online S128, SV388 & KungfuChiken.

    https://www.sateayam.vip/
    https://m1.hj128.vip/
    Daftar Sabung Ayam sv388
    Daftar Sabung Ayam Online S128

    Agen Sabung Ayam Online Bolavita Banyak Bonus dan Promo Mari Bergabung :

    Promo Sabung Ayam Terbaru 8x Win Beruntun.
    Bolavita Bisa Deposit Via OVO & GO-Pay.
    Sabung Ayam Deposit Via Pulsa XL & TSEL 25rb.

    Promo Promo BOLAVITA

    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rute Angkutan Umum di Cinere

Perjalanan Sehari Jakarta - Kawah Putih Naik Motor

Transportasi dari Jakarta ke Pos Pendakian Gunung Sindoro-Sumbing, Wonosobo