Adegan Menegangkan dalam Film Horror

Buat para pecinta film horor, Adegan maupun tempat penampakan hantu di film mungkin sudah hafal. Ya, jelas saja, sebenarnya penampakan hantu selalu di tempat yang sama dan monoton. Paling hanya settingnya saja diubah-ubah. Meskipun demikian, penampakan yang sudah bisa ditebak ini tetap saja selalu mengejutkan para penonton. Berikut ini adegan penampakan hantu yang sering muncul dalam film horror.


1. Kasur

Adegan penampakan hantu di kasur biasanya dimulai dengan tarik-tarikan selimut antara si korban yang sedang tidur dan hantu. Kadang ada tangan hantu yang muncul mencolek si korban. Biasanya si korban akan merasa terusik dan setengah tertidur menyangka kalau yang mengganggunya itu adalah temannya yang tidur di sebelahnya. Adegan yang selalu memancing tegang penonton adalah adegan ketika si korban merasa ketakutan dan berusaha mengintip ke kolong tempat tidur. Hasilnya bisa ditebak, ternyata di kolong kasur tidak ada apa-apa. Ketika si korban beranjak justru hantu muncul di hadapan atau sebelahnya.

2. Lemari
Lemari terbuka sendiri atau isi lemari berbunyi adalah adegan yang selalu membuat penonton kalang kabut. Para penonton biasanya berharap agar si korban tidak mengecek lemari karena yakin sekali hantu ada di dalam lemari. Benarkah demikian? Tidak selalu, yang sering terjadi dalam film horor biasanya korban perlahan-lahan mendekati lemari, membukanya, dan memeriksa di balik pakaian. Yang sering terjadi selanjutnya, hantu pasti tidak ada. Namun, pada saat menutup lemari dan berbalik badan sosok hantu muncul tiba-tiba dari tempat yang tak terduga.

3. Jendela
Pada saat korban asik menonton tivi, membuat kopi, atau tidur di kamar, tiba-tiba muncul penampakan hantu di jendela yang tidak terduga. Penonton yang melihat shock, tetapi si korban dalam film biasnya tidak menyadari adanya penampakan. Variasi lain kemunculan hantu di jendela biasanya didahului oleh jendela yang terbuka sendiri karena angin. Kalau sudah demikian, penonton selalu berharap agar si korban tidak mendekati jendela. Masalahnya, setiap kali adegan jendela terbuka sendiri pastilah adegan selanjutnya si korban akan berusaha menutup jendela. Adegan ini selalu membuat suasana semakin horor meskipun seringkali adegan terkait jendela berakhir tanpa penampakan.

4. Pintu
Saat si korban dihantui rasa gelisah bercampur ketakutan, tiba-tiba pintu di depan rumah digedor-gedor. Ini adalah bagian yang menegangkan selanjutnya dalam film horor. Dengan rasa yang serba salah, biasanya si korban memaksakan diri untuk membuka pintu. Ada banyak kemungkinan yang muncul saat si korban membukakan pintu. Pertama, ternyata yang mengetuk pintu seseorang yang tak diduga-duga misal ternyata temannya, penjaga hotel, pengantar makanan, dan sebagainya. Kedua, setelah dibuka, ternyata tidak ada apa-apa tetapi begitu berbalik badan menutup pintu kembali hantu justru sudah ada di belakangnya. Kemungkinan ketiga, begitu pintu dibuka, langsung muncul penampakan hantu di hadapannya. 

5. Tangga
Tangga merupakan properti yang umum digunakan dalam film horor. Biasanya rumah-rumah yang memiliki lebih dari satu lantai yang menjadi objeknya. Adegan tangga umumnya tidak jauh dari suara misterius langkah kaki yang naik turun tangga. Korban biasanya sedang tidur kemudian terbangun mendengar suara langkah kaki di tangga. Selanjutnya si korban akan memeriksa mendekati tangga dan hasilnya nihil. Tidak ada penampakan yang muncul.

6. Cermin
Sedang asik bermake-up tiba-tiba suasana menjadi sangat mencekam. Korban berhenti memegang peralatan berdandan, kemudian muncul sosok menyeramkan yang ada di cermin tepat di belakang si korban. Bagian selanjutnya, si korban menoleh ke belakang dengan penuh ketakutan tetapi hantu selalu menghilang. 

7. Toilet / Kamar Mandi
Kalau adegan terjadi di toilet umum biasanya dimulai dari salah satu bilik toilet yang mencurigakan. Korban berusaha mengintip pada celah di bawah bilik toilet. Bagian selanjutnya korban melihat darah keluar dari bilik toilet, penampakan kaki melayang, atau semacamnya. Kalau adegan terjadi di kamar mandi pribadi, biasanya adegan dimulai saat korban sedang asik mandi penuh dengan sabun. Tiba-tiba korban terkejut seperti ada seseorang yang mendekatinya. Selanjutnya si korban kaget karena muncul penampakan menyeramkan yang berusaha membunuhnya. Kadang si korban tewas terbunuh, kadang pula ia berhasil menyelamatkan diri meski berlari kabur tanpa busana. Varian lain dari adegan kamar mandi adalah ketika tiba-tiba kloset di kamar mandi berbunyi. Begitu kloset dibuka ternyata ada kepala tanpa badan. Selain itu, ada juga adegan saat buang air besar tiba-tiba keluar tangan dari lubang kloset. 

8. Kursi
Adegan menyeramkan selanjutnya adalah adegan penampakan di kursi. Saat terbangun di tengah malam, tanpa sengaja ke ruang tamu dan mendapati sosok hantu yang sedang duduk di kursi. Lebih horor lagi jika kursi tempat penampakan adalah kursi goyang tua.

9. Televisi
Di tengah malam tiba-tiba televisi menyala sendiri. Korban kaget kemudian memeriksa ruang tamu dan ternyata tak ada siapa-siapa yang menyalakan tivi. Variasi lain adegan televisi adalah saat asik menonton tivi tiba-tiba tivi mati atau tivi berganti kemunculan sosok hantu secara mendadak dan mengagetkan.


Itulah adegan-adegan yang menegangkan dalam film horor yang sangat umum. Anda mungkin sudah menyadarinya sejak lama. Kalau tidak percaya, coba saja tonton film horor. Paling tidak salah satu adegan di atas akan muncul. Monoton sekali bukan?

Comments

Popular posts from this blog

Rute Angkutan Umum di Cinere

Perjalanan Sehari Jakarta - Kawah Putih Naik Motor

Transportasi dari Jakarta ke Pos Pendakian Gunung Sindoro-Sumbing, Wonosobo