Positif Negatif Ikut PKM di UI

Pada pertengahan tahun 2012 di Universitas Indonesia disosialisasikan secara besar-besaran adanya Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) di tahun 2013. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan Kemendibud khususnya Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi sebagai ajang kompetisi ilmiah bergengsi antar universitas di Indonesia. UI sebagai salah satu universitas terkemuka di Indonesia pun tak mau kalah. Meski PKM pada awalnya dipelopori oleh UI, kenyataannya UI tidak pernah lagi menjadi juaranya. 

Alasan tersebut rupanya membuat UI kalang kabut. Berbagai kebijakan pun dibuat oleh UI agar mahasiswa secara aktif mau mengikuti kegiatan PKM ini. UI menyadari, minat mahasiswa mengikuti ajang bergengsi ini masih sangat minim, kalah jauh dibandingkan dengan UGM dan IPB. Salah satu kebijakan yang cukup kontroversial adalah kebijakan untuk mewajibkan mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi, beasiswa yang didanai pemerintah, untuk mengikuti program ini. Mahasiswa dipaksa untuk mengikuti kegiatan ini, bila tidak akan diancam sanksi peringatan dari universitas. UI pun mengadakan pelatihan bagi para mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi agar PKM-nya lolos didanai Dikti. 

Kebijakan ini banyak disesali oleh mahasiswa. Mereka bingung mengapa kebijakan ini dipaksakan padahal sejak awal perjanjian beasiswa Bidikmisi tidak ada kewajiban membuat PKM. Di sisi yang lain mahasiswa pun mulai menyadari hakikat pentingnya mengikuti PKM. Akhirnya masalah ini berlalu begitu saja seiring berjalannya waktu. Berikut positif dan negatifnya mengikuti kegiatan PKM.

Positif
  1. Menambah pengetahuan dan wawasan mahasiswa dengan dunia luar kampus.
  2. Melatih mahasiswa untuk hidup bertanggung jawab, cekatan, sabar, dan kompetitif.
  3. Memberi peluang dan kesempatan menggapai mimpi.
  4. Memperluas jaringan komunikasi 
Negatif
  1. Menambah beban pikiran dan gangguan kejiwaan
  2. Merusak tatanan perkuliahan
  3. Mengganggu ketenangan hidup
  4. Mengeluarkan banyak biaya dan tenaga

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rute Angkutan Umum di Cinere

Perjalanan Sehari Jakarta - Kawah Putih Naik Motor

Transportasi dari Jakarta ke Pos Pendakian Gunung Sindoro-Sumbing, Wonosobo